KPU Berau Pastikan 15 Parpol Lolos Verifikasi Faktual, Tiga Diantaranya Partai Baru

 

TANJUNG REDEB – Setelah melakukan verifikasi faktual (verfak), KPU Kabupaten Berau menyatakan 15 partai politik (parpol) tingkat Kabupaten Berau dipastikan Memenuhi Syarat (MS), namun apakah ke-15 parpol memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019 atau tidak, masih menunggu keputusan KPU RI.

Parpol yang sudah diverifikasi faktual, terdiri dari 12 parpol lama peserta pemilu 2014 dan 3 parpol baru. Parpol lama yang diverfak, yakni Gerindra, PKS, Golkar, PPP, Nasdem, PAN, PDIP, Demokrat, Hanura, PKB, PBB dan PKPI. Sedangkan parpol baru, yakni Garuda, Berkarya dan Perindo.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Berau, Nana Mailina saat dikonfirmasi beraunews.com, Jumat (02/02/2018) mengatakan, ada empat unsur yang jadi persyaratan verifikasi faktual dan semua parpol dianggap lolos, yakni kelengkapan pengurus parpol di tingkat kabupaten, keterwakilan 30 persen perempuan di jajaran pengurus, keberadaan kantor secretariat serta 5 persen keanggotaan partai sebagaimana terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (sipol).

"Saat verifikasi, keempat unsur semua diperiksa. Untuk 12 parpol lama sudah memenuhi syarat dan 3 parpol baru juga sudah memenuhi syarat," ungkapnya.

Dikatakan Nana, KPU menggunakan sipol sebagai rujukan verfak di lapangan. Usai mengumumkan hasilnya, agenda selanjutnya adalah menyerahkan hasil verfak ke KPU Provinsi Kaltim, selanjutnya akan diserahkan kepada KPU RI. Nantinya, KPU RI yang melakukan rekapitulasi akhir, apakah parpol memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019 atau tidak.

"KPUD kabupaten/kota hanya membantu KPU RI dalam kegiatan verifikasi. Untuk pengumuman di tingkat nasional itu tanggal 17 Februari 2018," jelasnya.

Diakui Nana, saat verfak dilakukan, masih ditemukan kendala meskipun tidak begitu berarti. Seperti halnya kegandaan keanggotaan. Salah satunya dialami anggota DPRD dari Gerindra yang terindikasi ganda dengan Partai Hanura, begitu juga anggota DPRD dari PPP yang terindikasi ganda dengan PKB.

“Alhamdulillah persoalan tersebut selesai dan dinyatakan memenuhi syarat,” bebernya.

Nana juga menambahkan, pihaknya juga akan menyerahkan berita acara hasil verfak 15 parpol calon peserta pemilu 2019, Jumat (02/02/2018) sekitar pukul 16.00 WITA di Ruang Media Center KPU Berau.

“Berita acara akan kami serahkan sore ini,” tandasnya.(hnf/bnc)