Tiga Calon Sekretaris KPU Berau Jalani Uji Kelayakan

 

TANJUNG REDEB – Sebanyak tiga orang calon Sekretaris KPU Berau mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) gelaran KPU Berau, di Ruang Media Center Senin (08/01/2018).

Fit and proper test dihadiri kelima Komisioner KPU Berau yang sekaligus menguji calon Sekretaris KPU Berau, yakni Roby Maula (Ketua KPU), Rita Noratni (Divisi Teknis), Bambang Irawan (Divisi Perencanaan dan Data), Nana Mailina (Divisi Hukum dan Pengawasan) dan Iskandar (Divisi Umum Logistik dan Keuangan).

Ketua KPU Berau, Roby Maula mengatakan, fit and proper test dilakukan pihaknya, sehubungan dengan keluarnya Surat Keputusan Sekretaris Daerah Kabupaten Berau melalui Asisten Administrasi Umum dengan Nomor 821.2/1290-KEP/BKPP-I/2017 tentang Usulan Sekretaris KPU Kabupaten. Berau.

Selain itu, fit and proper test digelar pihaknya guna melihat kemampuan dan kelayakan calon Sekretaris KPU, baik dari segi administrasi, pangkat dan golongan, pengalaman kerja, kepribadian serta visi dan misi para calon.

 

"Ketiga calon Sekretaris KPU Berau tersebut, berdasarkan lampiran Surat Keputusan Sekretaris Daerah Kabupaten Berau, yaitu Abdurrahman (Kepala Bidang Penataan Administrasi dan Sengketa Pertanahan pada Dinas Pertanahan yang saat ini menjabat Plt Sekretaris KPu Berau), Mustafa Efendi (Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan pada Badan Kesbangpol) dan Sofyan Widodo (Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah pada Satpol PP)," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (11/01/2018).

Jika memenuhi syarat, lanjut Roby, maka akan dilanjutkan untuk diajukan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kalimantan Timur. Ia berharap, dengan dilakukannya fit and proper test ini, KPU Berau segera memiliki Sekretaris definitive. Pasalnya, tahapan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 semakin dekat.

“Apalagi Sekretaris KPU merupakan pemegang wewenang sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk melakukan setiap tahapan,” tandasnya.(advertorial/bnc)