Tes Tertulis PPK Ketat, Seluruh Soal Langsung Dibakar Usai Dipakai

 

TANJUNG REDEB – 153 peserta seleksi calon anggota Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) menjalani tes tertulis di Gedung Pertemuan STIEM Tanjung Redeb, Senin (30/10/2017) pukul 14.00 Wita. Para calon PPK mengerjakan soal-soal seputar pengetahuan kepemiluan yang dikirim langsung dari KPU Kaltim.

Ketua KPU Berau, Roby Maula memastikan, dengan sistem seperti ini para peserta tidak akan mendapat bocoran soal maupun jawaban. Saat soal datang di lokasi ujian dikawal Panwaslu Berau dan Polres Berau yang juga mengawasi di ruang ujian.

Sehingga materi dan isi soal hanya diketahui para peserta. Hal itu juga untuk menjaga kerahasiaan dan keakuratan tahapan tes tulis, agar sesuai dengan mekanisme peraturan dan perundangan yang berlaku.

 

Setelah para peserta selesai mengerjakan soal-soal tersebut, seluruh lembaran soal langsung dimusnahkan dengan cara dibakar, disaksikan Panwaslu dan Polres. Sehingga tidak ada satu lembar pun soal tersisa, termasuk sisa soal yang semula akan dikerjakan peserta yang absen dalam ujian tes tulis, maupun kelebihan soal dan lembar jawaban. Untuk diketahui, kata Roby, KPU Kaltim mengirimkan 266 lembar soal dan lembar jawaban, sementara yang terpakai 153 lembar soal dan jawaban.

“Dalam supervisinya yang disaksikan Panwas dan Polres Berau, KPU Kaltim mengarahkan KPU Berau untuk memusnahkan kelebihan lembar soal dan lembar jawaban dengan cara dibakar,” ujarnya kepada beraunews.com.

 

Pemusnahan lembar soal dan jawaban itu, dikatakan roby, bertujuan agar lembar soal maupun jawaban, tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Setelah memusnahkan kelebihan lembar soal dan lembar jawaban, kami juga diarahkan untuk memusnahkan lembar soal yang telah dipakai oleh peserta,” tandasnya.(Miko Gusti Nanda/bnc)