Rekrutmen Calon Anggota PPK Hanya Untuk Pilgub Kaltim 2018?

 

TANJUNG REDEB – Ternyata rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Berau gelaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, peruntukannya hanya untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018. Lalu mengapa, masa kerja PPK yang direkrut ini tidak sekalian hingga Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, sehingga tidak terjadi pemborosan anggaran?

Ditanya beraunews.com seperti itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Berau, Rita Noratni mengatakan, dalam melaksanakan rekrutmen calon anggota PPK, pihaknya berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 12/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2015 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum.

BACA JUGA : 153 Calon PPK Berau Ikuti Tes Tertulis, 13 Absen

Dalam Pasal 57A PKPU itu, dikatakan Rita, telah diatur jika anggota PPK yang telah ditetapkan pada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, dapat mendaftar menjadi anggota PPK pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dewan Perwakilan Daerah serta Presiden dan Wakil Presiden sepanjang yang bersangkutan masih memenuhi syarat.

BACA JUGA : KPU Berau Belum Bisa Patok Target Jumlah Peserta Lolos Seleksi Tertulis, Ini Penyebabnya

“Hal inilah yang kami pedomani. Makanya kami rekrut calon anggota PPK hanya untuk Pilgub 2018. Jika terkait anggaran, yang jelas kami melaksanakan amanah UU Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU Nomor 12/2017,” tandasnya.(bnc)