153 Calon PPK Berau Ikuti Tes Tertulis, 13 Absen

 

TANJUNG REDEB - 153 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Berau untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, mengikuti seleksi tes tertulis yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau serentak di Gedung Pertemuan STIEM Tanjung Redeb, Senin (30/10/2017) pukul 14.00 Wita.

Menurut Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Berau, Rita Noratni, peserta tes diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 65 soal, yang terdiri dari 60 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Selain itu, pihaknya tidak mengetahui isi dari soal tes tersebut, sebab yang membuat soal adalah KPU Kaltim.

“Kami hanya memfasilitasi pelaksanakan seleksi tertulis yang dilaksanakan pada hari ini. Untuk diketahui, seleksi tes tertulis ini dilaksanakan serentak tidak hanya se-Kabupaten Berau, melainkan serentak di 9 Kabupaten/Kota se-Kaltim, selain Kabupaten Panajam Paser Utara yang terlebih dahulu melaksanakan,” kata Rita kepada beraunews.com.

 

Sementara Ketua KPU Berau, Roby Maula menjamin, dalam seleksi tersebut tidak ada kecurangan. Sebab, selain ditangani langsung oleh KPU Kaltim, dalam prosesnya juga langsung diawasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Berau, serta dijaga ketat oleh Polres Berau.

"Dijamin tak ada kecurangan, karena soal tesnya dibawa langsung oleh Sekretariat KPU Kaltim," ujarnya.

Terkait pemeriksaan berkas dari ujian tes tertulis, Roby mengatakan, akan dilakukan di Sekretariat KPU Berau mulai Selasa (31/10/2017), dan rencananya hasil tes tulis ini akan diumumkan KPU Berau Kamis (02/11/2017) lusa melalui media ataupun pengumuman yang ditempelkan di setiap kecamatan.

“Selain itu, kita juga buka seluas-luasnya untuk tanggapan masyarakat terkait calon-calon PPK yang lolos seleksi tes tertulis dan mengikuti seleksi wawancara,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan tes tertulis tersebut, yang sedianya diikuti 166 calon peserta, hanya diikuti 153 orang, ada 13 orang yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas.(Miko Gusti Nanda/bnc)