Bupati : Berau Sudah Lama Laksanakan Instruksi Mendagri

TANJUNG REDEB – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) instruksikan seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) se-Indonesia untuk jemput bola melayani administrasi kependudukan. Hal itu disampaikan Mendagri pada pembukaan kegiatan pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri Angkatan II Tahun 2016 di Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Bandiklat) Kemendagri dari tanggal 26 Mei hingga 29 Mei esok hari.

“Para Gubernur, Bupati, dan Walikota perlu melakukan jemput bola dengan pelayanan keliling untuk perekaman di sekolah, kampus, mall, perusahaan-perusahaan, panti jompo, lembaga pemasyarakatan, dan desa/kelurahan,” tegas Mendagri, Tjahjo Kumolo, Kamis (26/5/2016) lalu.

Menanggapi hal itu, Bupati Berau, Muharram mengatakan apa yang diinstruksikan Mendagri ini sesungguhnya telah dilaksanakan Disdukcapil Berau sejak jauh hari. Namun, sepulang pembekalan, dirinya kembali akan menegaskan instruksi ini ke Disdukcapil Berau

“Terkait instruksi itu, saat ini sudah dijalankan di Kabupaten Berau, hampir semua Kecamatan sudah dijalankan Disdukcapil. Paling penekanannya saja, agar memaksimalkan kinerja petugas yang ada dilapangan,” ujarnya.

Penekanan yang dilakukan, diharapkan Muharram, dapat menuntaskan proses perekaman E-KTP dan akte kelahiran di Berau tahun 2016 ini. Apalagi, segala biaya pelaksanaan perekaman tersebut gratis.

“Di tahun 2016, diharapkan perekaman E-KTP sudah tuntas. Bahkan untuk akte kelahiran dan akte kematian, semuanya harus direkam dan semuanya gratis,” pungkasnya.(sai)