Dana Parpol Besar Kemungkinan Naik, LPJ Jangan Lagi Terlambat

 

TANJUNG REDEB – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan jika dana bantuan dari negara untuk partai politik (parpol), naik dari Rp108 menjadi Rp1.000 per suara, yang akan mulai berlaku 2018 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Berau, Apridoh Piarso mengatakan, kenaikan dana bantuan parpol tersebut bukan sekedar wacana saja. Sebab, kenaikan tersebut kemungkinan besar positif berlaku.

“Tapi kita juga tidak bisa berpatokan hanya cuma di situ saja, karena selama ini aturannya juga belum ada, penyampaian secara resminya juga dari pihak pusat juga belum ada, jadi kita tidak bisa pastikan apakah ini sudah final atau belum. Jika memang ini sudah final, biasanya akan ada surat dari pusat untuk daerah untuk ditindaklanjuti,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Selasa (25/07/2017).

BACA JUGA : Mendagri: Awas, Jangan Salah Gunakan Dana Parpol

Ditambahkannya, jika nantinya dana bantuan parpol tersebut positif mengalami kenaikan, maka dapat dipastikan jika dana bantuan yang dikelola tersebut sangat besar.

“Jika benar dana bantuan parpol tersebut naik, maka kita dengan senang hati menerima ketetapan tersebut, dalam artian supaya parpol juga bisa lebih leluasa mengadakan pembinaan-pembinaan internalya, kader-kadernya dan hal-hal positif lainnya. Dan jika pembinaan-pembinaan tersebut baik, pasti akan menghasilkan orang-orang yang lebih mengetahui di bidang politik, sehingga mereka juga tahu akan rambu-rambu bagaimana beretika politik yang baik,” katanya.

Selain itu, beberapa hari yang lalu, Kesbangpol bersama Inspektorat juga menggelar rapat bersama parpol. Dalam rapat tersebut dilakukan pembahasan mengenai laporan pertanggungjawaban partai politik.

“Sesuai dengan ketentuan, bahwa partai politik ini menyampaikan laporan pertanggungjawaban di bidang bantuan keuangan, jangan sampai terlambat lagi, jika misal terlambat itu dapat beresiko,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia