Pelaksanaan Tes Calon Panwas, Berau Termasuk "Istimewa"

TANJUNG REDEB - Seperti diketahui, tes calon Panwas yang dilakukan oleh Timsel, Kabupaten Berau termasuk dalam zona 2. Yang menarik adalah, Berau menjadi salah satu daerah khusus yang tesnya dilakukan di Kabupaten Berau sendiri.

"Kan tes calon Panwas Kaltim ini dibagi menjadi 3 zona yakni zona 1 untuk Kukar, Bontang, Samarinda, dan Kutim, yang pelaksanaan tesnya dilakukan terpusat di ibukota Provinsi Kaltim yakni Samarinda. Sedangkan untuk zona 2 yang terdiri dari Berau, PPU, Balikpapan dan Kabupaten Paser, Timsel dibagi menjadi 2 tim, 2 orang di Berau, dan sisanya yang 3 orang dibagi ke masing-masing 3 daerah yang masuk dalam zona 2 tersebut. Dan untuk zona 3 yakni Mahulu dan Kubar, tesnya dipusatkan di 1 titik yakni Kubar," terang Ketua Timsel Zona 2, Bambang Iswanto, saat dihubungi beraunews.com, Sabtu (15/07/2017).

Dikatakan Bambang, adanya kekhususan tersebut lantaran melihat situasi dan kondisi Kabupaten Berau.

"Sebenarnya tidak langsung bisa menjadi khusus, karena awalnya juga di Timsel sendiri ada perdebatan untuk pelaksanaan tes ini. Karena kami melihat dan mempertimbangkan berbagai aspek terutama masalah anggaran, kami memutuskan untuk melaksanakan tes calon Panwas Berau di Berau sendiri. Jadi, kita minta ke Banwaslu agar kita yang datang ke Berau, sehingga tidak memberatkan peserta tes juga," bebernya.

Selain Berau, Mahulu juga mendapatkan kekhususan lantaran jarak yang harus ditempuh bisa dibilang cukup sulit, transportasinya pun susah, sehingga diambil kebijakan untuk melaksanakan tesnya terpusat di Kubar.

"Jadi untuk calon Panwas Mahulu, berdasarkan keputusan Timsel Zona 3, mereka datang ke Kubar untuk mengikuti tes karena informasinya itu jujur Timsel Zona 3 cukup kesulitan menjangkau daerah tersebut dengan melihat kondisi perjalanan dan transportasinya," tutupnya.(bnc)