Jelang Mudik, Ini Pesan Ketua DPRD

TANJUNG REDEB – Meski lebaran masih menyisakan satu pekan lagi, namun arus mudik sudah mulai terasa. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa menjadi awal musibah.

"Kita mengimbau masyarakat yang ingin mudik, agar selalu menjaga keselamatan selama perjalanan," ujarnya saat dihubungi beraunews.com, Rabu (29/6/2016).

Ia juga meminta, sebelum meninggalkan rumah pastikan listrik sudah dalam kondisi aman, pintu dan jendela terkunci dengan baik saat hendak ditinggalkan serta jangan meninggalkan barang berharga disembarang tempat. Pasalnya, ada saja oknum yang tak bertanggung jawab yang siap memanfaatkan kelengahan pemilik rumah yang tengah mudik.

"Colokan-colokan listrik dan kompor diperhatikan lagi, agar potensi kebakaran dan tindak kejahatan dapat dihindari," katanya.

Ia juga berharap warga yang mudik, baik itu di lingkungan Kabupaten Berau maupun di luar Berau hendaknya selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Disamping itu, pemudik dianjurkan untuk tidak memakai perhiasan mewah agar tidak menarik perhatian pelaku tindak kejahatan.

"Jaga keselamatan dalam berlalu lintas agar bisa kembali ke Kabupaten Berau dalam keadaan sehat," terangnya.

Politisi dari fraksi Golkar ini juga mengingatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang ingin mudik melalui jalur udara agar selalu mempersiapkan tiket pulang pergi sebelum mudik, agar dapat kembali bekerja tepat waktu. Hal itu dikatakannya, jangan sampai ketika sudah masuk kerja, PNS yang bersangkutan malah mangkir karena kehabisan tiket.

"Waktunya sudah masuk kerja PNS yang bersangkutan malah mangkir. Kita tidak ingin libur lebaran ini dijadikan alasan untuk mangkir kerja. Makanya, kita mengimbau agar dapat mempersiapkan tiket pesawat pulang pergi sedini mungkin," tuturnya.

Tak lupa, dirinya juga memberikan selamat kepada warga Kabupaten Berau yang kini tengah bersiap merayakan hari kemenangan.

"Sebagai wakil rakyat kami mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin," tutupnya.(hir)