Sakirman Ketua KNPI Berau Periode 2016-2019

TANJUNG REDEB – Pemilihan Ketua DPD KNPI Berau Periode 2016-2019 yang dilaksanakan melalui Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Ke-XIII, Sabtu (25/6/2016), di Hotel Derawan Indah, Tanjung Redeb, berjalan lancar dan kondusif. Pemilihan yang semula akan diikuti 52 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK), membengkak menjadi 70 peserta. Namun semua itu, semakin menunjukkan ‘hausnya’ dan kecintaan pemuda terhadap KNPI Berau. Hasilnya, Sakirman yang sekaligus Ketua Panitia Musda, terpilih sebagai Ketua KNPI Berau.

Dikonfirmasi seusai pemilihan, Sakirman mengatakan, dengan terpilihnya dirinya sebagai Ketua KNPI Berau, maka ia akan merapikan dan merangkul semua OKP dan DPK yang bernaung di bawah KNPI. Selain itu, agenda mendesak setelah ia terpilih, yakni menyusun struktur kepengurusan KNPI dengan formatur yang sudah terpilih.

“Setelah Musda ini kami akan membentuk struktur kepengurusan di tubuh KNPI. Dan nantinya juga akan dilakukan pelantikan oleh Ketua KNPi Kaltim, Khairuddin. Hal-hal lain juga yang secara administrasi pada hasil musda saat ini, tetap akan kita coba rapikan kembali seluruhnya termasuk OKP-OKP yang saat ini sudah terdaftar maupun belum terdaftar, kita akan akomodir semua. Ini juga adalah pesan dari Bupati kita agar merangkul seluruh pemuda yang ada di Kabupaten Berau,” ujarnya.

Dengan pergantian kepengurusan KNPI periode 2012-2015 ke kepengurusan KNPI 2016-2019, ia berharap agar seluruh pemuda dapat bersinergi dengan pemerintah daerah terkait pengembangan Kabupaten Berau. Selain itu, ia juga menyampaikan dalam kepemimpinannya, ia akan merangkul seluruh pemuda dengan memberikan kegiatan kepada setiap OKP dan DPK yang ada agar tidak berdiam diri saja untuk membangun daerah tercinta.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang telah mendukung berjalannya Musda ini dengan lancar dan aman. Dan melalui kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa sinergitas antara pemuda dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk mengembangkan daerah Berau saat ini. KNPI sebagai penyambung lidah antara pemuda dengan pemerintah diharapkan mampu menjadi wadah seluruh pemuda untuk bersatu. Ke depan, kita akan terus perjuangkan apa-apa yang diinginkan pemuda kita, dalam artian yang positif dan bermanfaat bagi seluruh pemuda yang ada. Termasuk untuk melibatkan kaum perempuan yang selama ini tidak banyak ikut serta dalam organisasi kepemudaan, kita akan melibatkan seluruh OKP dan PK dalam sistem organisasi KNPI,” tandasnya.

Dalam pemilihan itu, ada 2 kandidat calon KNPI Berau yang ikut bertarung, yakni Sakirman dan Surya Darma. Setelah dilakukan perhitungan suara, Sakirman terpilih sebagai Ketua KNPI Berau dengan perolehan 38 suara, unggul dari Surya Darma yang meraih 30 suara dan 2 suara abstain. Namun, sebelum pemilihan kedua kandidat sama-sama menandatangani fakta integritas, siap menang dan siap kalah sekaligus menjamin tak akan melakukan tindakan dualisme KNPI di Kabupaten Berau. Bahkan, setelah proses pemilihan, kedua kandidat tetap kompak dan saling dukung untuk persatuan pemuda Berau.(mta)