Persatuan Pemuda Harapan Semua Pihak di Musda KNPI Berau

TANJUNG REDEB – Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Berau ke-XIII, resmi dibuka Bupati Berau, Muharram, Sabtu (25./6/2016) di Hotel Derawan Indah. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Sekretaris Daerah, Asisten III, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) serta Dewan pengurus Kecamatan (DPK).

Dalam sambutannya, Bupati sangat berharap pemuda Kabupaten Berau mampu bangkit dan bersatu menjadi pemuda yang benar-benar peduli kepada bangsanya. Menjadi pemuda yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap bangsa adalah salah satu tujuan berdirinya organisasi kepemudaan, baik tanggung jawab terhadap pemuda itu sendiri maupun kepada daerahnya.

“Pemuda kita harus bangkit, karena pemuda adalah generasi penerus bangsa yang menjadi harapan setiap daerahnya. Maka jangan sampai ada perpecahbelahan antar pemuda. Jangan sampai kita menjadi tercerai berai hanya karena ada kepentingan politik didalamnya. Kita harus mengesampingkan kepentingan-kepentingan semacam itu, karena tugas utama kita adalah memikirkan bagaimana pemuda bisa bangkit, bisa menjadi lebih baik dalam segala hal, baik itu pekerjaan maupun kemampuan berpikirnya. Saya harapkan semua bisa dirangkul menjadi satu dalam organisasi kepemudaan ini,” pesan Bupati.

Sakirman, selaku Ketua Panitia Musda KNPI Berau ke-XIII dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi hingga terlaksananya Musda KNPI Berau. Ia juga menyatakan, pelaksanaan Musda tersebut sudah melalui proses perjalanan yang panjang dan puncaknya sudah diputuskan dalam rapat pleno DPD KNPI Kaltim pada 22 Juni 2016 lalu.

“DPD KNPI Kaltim dalam rapat pleno telah memutuskan Musda KNPI Berau dilaksanakan hari ini, dan keputusan itu adalah dari DPD KNPI Kaltim yang juga turut hadir dalam kesempatan pada hari ini. Dengan terlaksananya Musda ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya Musda KNPI Berau sehingga bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, Wakil Ketua MPI KNPI Berau, M.W Al-Hamid mengungkapkan, alasan MPI mengambil alih pelaksanaan Musda KNPI, semata-mata agar roda kepengurusan KNPI Berau yang merangkul seluruh pemuda bisa dapat terus berjalan dan tidak terjadi kekosongan pengurus.

“Kami mendukung penuh pelaksanaan Musda ini. Mengapa MPI mengambil alih pelaksanaan Musda KNPI? Karena memang sudah sewajarnya kami melakukan hal demikian, apabila organisasi tersebut sudah lebih dari enam bulan tidak melaksanakan Musda. Dan itu juga dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pada struktur kepengurusan organisasi kepemudaan ini. Kita sangat berharap seluruh elemen bersatu dan saling mendukung untuk memajukan organisasi kepemudaan di Kabupaten Berau demi terciptanya pemuda-pemuda yang berkualitas,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPD KNPI Kaltim, Romi Hartono, yang menyebutkan, dengan berakhirnya masa kepengurusan KNPI Berau setelah 1 tahun 1 bulan, maka sudaha sewajarnya MPI mengambil alih Musda KNPI sekaligus pemilihan Ketua KNPI untuk periode selanjutnya.

“Semua pemuda harus bersatu agar bisa menjadi pemuda yang lebih kuat untuk membangun daerahnya. Termasuk untuk mendukung pelaksanaan Musda saat ini. Dan pengambilan alih yang dilakukan MPI untuk melaksanakan Musda ini dilakukan demi terus berjalannya kehidupan organisasi kepemudaan yang sudah cukup lama tertidur. Semoga dengan Musda ini juga kepemudaan kita tidak lagi stagnan dan jalan ditempat, harus ada perubahan yang dibawa oleh siapa saja yang nantinya akan terpilih menjadi Ketua untuk periode selanjutnya,” tandasnya.(mta)