Jelang Musda, Kesbangpol Minta KNPI Berau Segera Terdaftar

TANJUNG REDEB – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Berau sambut baik rencana Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Berau. Selain itu, Kesbangpol berharap melalui momentum pemilihan kepengurusan KNPI Berau Periode 2015-2018 tersebut, organisasi kepemudaan terbesar itu dapat segera melakukan pendaftaran ke Kesbangpol Berau.

“Saya juga dengar ini mau ada pemilihan Ketua Baru KNPI Berau. Saya harapkan  KNPI sebagai organisasi besar, organisasi kepemudaan, pengurusnya juga orang-orang hebat, saya rasa tak elok kalau organisasi besar malah memberikan contoh yang tidak baik bagi organisasi kepemudaan yang lainya,“ ungkap Kepala Badan Kesbangpol Berau, Muhammad Dakri melalui Kasubag Pengawasan Keorganisasian, Bahrun kepada beraunews.com.

Dikatakannya, dari 33 organisasi masyarakat (Ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terdaftar di Kabupaten Berau, memang DPD KNPI Berau tak termasuk didalamnya.

“Data tersebut memang benar, di Berau ini hanya ada 33 organisasi saja yang terdaftar secara sah di Kesbangpol, selebihnya tak terdaftar. Bahkan organisasi kepemudaan KNPI Berau itu belum terdaftar di Kesbangpol Berau,“ ungkap Kepala Badan Kesbangpol Berau, Muhammad Dakri melalui Kasubag Pengawasan Keorganisasian, Bahrun kepada beraunews.com.

Meski begitu, Bahrun tak menuding jika KNPI Berau disebut illegal. Yang ada, selama ini pengurus KNPI tak pernah melaporkan kepengurusan mereka, bahkan hampir seluruh kegiatan mereka di Berau tak pernah dilaporkan ke pihaknya.

“Saya tidak mengatakan KNPI illegal, karena KNPI terdaftar di pusat. Namun untuk di wilayah Berau, KNPI Berau memang tak terdaftar, pengurusnya juga tidak mau mendaftarkan, setiap kegiatan mereka juga tak didaftarkan. Padahal kalau sesuai Undang-Undang Nomor 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan sudah jelas jika  setiap organisasi yang berada di daerah harus melaporkan ke Badan Kesbangpol setempat,“ tutupnya.(msz)