Kepengurusan Berakhir, Musda KNPI Berau Digelar Pekan Depan

TANJUNG REDEB – Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Berau Ke-13 rencananya akan digelar pada 25 hingga 26 Juni mendatang. Hal tersebut dilakukan berdasarkan surat keputusan DPD KNPI Provinsi Kalimantan Timur Nomor 098/DPD KNPI/KT/V/2016 tertanggal 10 Februari 2016 tentang Percepatan Musda Pemuda/KNPI Berau.

“Dengan adanya surat keputusan tentang ambil alih dan percepatan musda KNPI yang secara yuridis formal telah disahkan, maka saya sangat mendukung hal ini. Karena kalau selama 6 bulan Musda tidak dilaksanakan pengurus lama, maka akan diambil alih pelaksanaannya oleh MPI. Jadi, dengan surat keputusan tersebut, maka pelaksanaan musda tinggal diserahkan ke formatur saja,” ungkap Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Berau periode 2012-2015, H.M. Al-Hamid saat jumpa pers, Senin (13/6/2016) lalu.

Dikatakannya, dukungannya tersebut seiring dengan berakhirnya SK kepengurusan KNPI Berau periode 2012-2015, yang jika tidak secepatnya dilakukan Musda, maka dikhawatirkan kepengurusan KNPI akan kosong dan tidak berjalan.

“Apabila Musda tidak segera dilakukan, maka KNPI akan stagnan (tidak jalan-red)  tanpa adanya kepengurusan yang baru. Sehingga dengan adanya surat keputusan tersebut, saya juga berharap agar musda bisa segera dilaksanakan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan harapannya dengan keberadaan MPI dan KNPI agar dapat terus mencetak pemuda-pemuda Berau sebagai calon pemimpin Berau yang berkualitas.

“Secara pribadi saya berharap Musda sudah harus segera terlaksana, dan setelah itu keberadaan KNPI maupun MPI mampu menjadi wadah untuk melahirkan pemuda-pemuda bangsa yang berjiwa pemimpin. Maka peluang yang ada saat ini jangan sampai disia-siakan,” harapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris MPI KNPI Berau, Anwar juga turut menyatakan dukungannya terhadap rencana percepatan Musda KNPI Berau Ke-13. Dikatakan Anwar, dukungannya tersebut sudah mempunyai dasar legalitas, yakni surat keputusan yang dilayangkan DPD KNPI Kaltim. Berdasarkan instruksi surat tersebut, MPI KNPI Berau harus segera membentuk panitia untuk melaksanakan Musda. Ia juga berharap Musda yang akan dilaksanakan tersebut dapat berjalan kondusif dengan dukungan dari semua pihak.

“Rencana Musda ini harus kita dukung bersama demi kemajuan organisasi kepemudaan Berau saat ini. Sehingga dukungan dari semua pihak tentu diharapakan, untuk saling menyatukan misi dan persepsi bahwa KNPI harus tetap eksis, namun tetap harus taat kepada dasar-dasar norma berorganisasi lainnya, itu harus menjadi landasan kita melaksanakan Musda,” ujarnya.

Pada pelaksanaan musda akan dipilih Ketua KNPI yang akan mengisi masa kepemimpinan KNPI Berau periode selanjutnya. Maka, Anwar juga menyampaikan agar seluruh pemuda Kabupaten Berau yang merasa mempunyai kemampuan dan kualitas untuk mengajukan diri sebagai kandidat Ketua KNPI.

“Kami berharap KNPI Berau bisa kembali eksis. Dan bagi siapa saja yang punya kualitas dan kemampuan silahkan ajukan diri sebagai Ketua KNPI Berau. Namun kami tetap berharap Musda nanti akan berjalan kondusif dan lancar, sebab melalui musda ini kita juga berharap terciptanya roda KNPI yang profesional dalam membuat program kerja agar pemuda menjadi semangat untuk membangun daerah tercinta ini dengan merangkul dan mengayomi semua OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda-red) dan DPK (Dewan Pengurus Kecamatan-red) yang ada. Ketika jiwa nasionalis pemuda menurun, itu adalah tanggung jawab KNPI untuk menumbuhkan semangat baru dalam jiwa pemudanya. Tantangan pemuda ke depan semakin berat, tetapi ketika semua bersatu maka akan menjadi ringan. Apalagi kalau benar-benar memanfaatkan kemitraan dengan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Daerah (Korda) Berau, Fajar Darmawan, juga turut menyatakan dukungannya terhadap pengambilalihan Musda DPD KNPI Berau oleh MPI guna percepatan musda.

“Kami dari Korda Berau menginginkan yang terbaik untuk pemuda Berau. Percepatan musda ini kami lakukan dikarenakan adanya usulan dari unsur kepemudaan Berau yang rindu berorganisasi KNPI. Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga (ART) KNPI Pasal 33 ayat 3, MPI KNPI Berau berhak mengambil alih KNPI untuk melaksanakan percepatan musda,” tandasnya.(mta/adv)