Dulu Rusak, Sekarang Kurang Daya, Kapan Nyalanya?

TANJUNG REDEB – Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Sultan Agung hingga kini terus menjadi keluhan masyarakat, khususnya pengguna jalan. Diketahui sebelumnya lampu dikawasan tersebut sempat rusak akibat terkena bak kendaraan dan terpaksa beberapa lampu lain ikut dimatikan karena satu jaringan dengan lampu tersebut.

Namun, hampir 1 bulan ini beberapa tiang lampu PJU yang tadinya dipadamkan karena menunggu perbaikan, hingga kini belum berfungsi dan membuat suasana jalan masih gelap.

BACA JUGA : PJU Sultan Agung Rusak, Kapan Diperbaiki?

Menurut salah seorang pengendara Adi Haidir mengatakan, jika kondisi ini seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah atau pihak terkait. Pasalnya, Jalan Sultan Agung saat ini menjadi jalan alternatif bagi warga yang ingin melintas dari Tanjung Redeb menuju Teluk Bayur ataupun arah sebaliknya.

"Kondisi jembatan yang rusak itu membuat jalan ini (Sultan Agung-red) menjadi alternatif. Jarang yang mau lewat di Jalan Gatot Subroto karena harus lewat-lewat gang yang dipasang marka jalan seenaknya oleh masyarakat," ungkapnya kepada beraunews.com, Jum’at (26/8/2016).

Dikatakannya, kondisi ini bukan hanya satu atau dua hari ini. PJU tak berfungsi sudah hampir 1 bulan dan belum ada tindakan dari pihak terkait untuk memperbaiki agar kembali berfungsi. Dengan kondisi ini, dikhawatirkan akan ada oknum-oknum yang melakukan tindak kriminal dikawasan ini.

"Beberapa area juga jarang ada rumah, yang memiliki rumah juga lampunya tak terlalu menyoroti ke jalan, jadi pengguna jalan hanya memanfaatkan lampu kendaran yang hanya berjarak beberapa meter," tambahnya.

Adi berharap, ada langkah atau tindakan yang dilakukan oleh pihak terkait untuk alternatif jika memang PJU yang ada ini sedang dalam kondisi rusak.

"Carikan solusi bagaimana ini bisa terang sedikit, jangan sampai sudah ada kejadian baru ada perhatian," pungkasnya.

BACA JUGA : PJU Jalan Sultan Agung Banyak Mati, Ini Kata Distamben

Terpisah, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau, Mappasikra Mapaselleng menjelaskan, jika untuk PJU dikawasan Jalan Sultan Agung memang kekurangan daya listrik, sehingga ada sebagain yang harus dipadamkan.

"Kita hanya hidupkan dibeberapa area saja sesuai daya yang ada," jelasnya.

Pihaknya akan kembali melakukan pengkajian di kawasan tersebut melihat berapa kebutuhan listrik yang digunakan. Jika memang memungkinkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN untuk membantu suplai daya.

"Kita akan koordinasi dengan PLN agar bisa bantu daya agar PJU itu bisa hidup lagi," pungkasnya.(Dedy Warseto)