Bupati Minta Budaya Gotong Royong Dihidupkan Kembali

TANJUNG REDEB – Untuk mewujudkan Kabupaten Berau sebagai kota yang bersih dan nyaman, Bupati Berau Muharram, mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di lingkungan RT untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong yang selama ini sudah jarang dilaksanakan.

Gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing dikatakannya, merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.

Agar dampak gotong royong membersihkan lingkungan dapat dirasakan masyarakat luas, ia juga mengimbau gotong royong tersebut dapat dilakukan paling tidak sebulan sekali disetiap hari Jum’at.

“Kita harus tumbuhkan kembali budaya yang sempat mati suri ini, karena suka tidak suka dengan gotong royong ini sebenarnya masyarakat bisa menumbuhkan semangat menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya beberapa waktu yang lalu.

Hal itu juga disampaikannya terkait dengan defisit anggaran yang saat ini sedang menimpa hampir seluruh wilayah. Ia meminta kepada seluruh RT yang nantinya akan menerima dana pembangunan yang besarannya sekitar Rp50 juta hingga Rp100 juta per tahun, agar dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kebersihan lingkungan dengan maksimal. Baik itu untuk normalisasi drainase maupun kegiatan kebersihan lingkungan lainnya termasuk gotong royong.

Hal itu dilakukan, sebab ke depan tidak akan ada lagi anggaran untuk proyek-proyek kecil semisal normalisasi drainase yang selama ini dianggarkan tersendiri oleh pemerintah.

“Di lingkungan Kelurahan maupun RT nantinya tidak ada lagi proyek-proyek normalisasi drainase dan sebagainya, kita mengharapkan semua bisa diakomodir melalui dana yang akan diterima,” ujarnya.

Selain untuk menghidupkan kembali semangat menjaga kebersihan lingkungan dan dengan menggunakan dana pembangunan, kegiatan gotong royong tersebut diharapkan mampu menjadi sarana silaturahmi antar warga di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

“Selain lingkungan jadi bersih, kekeluargaan sesama warga juga akan terjalin lebih kuat,” tandasnya.(Marta)