Untuk Adipura, TPA Jadi Perhatian Pemkab

TANJUNG REDEB – Salah satu yang menjadi sorotan dalam upaya meraih Adipura Tahun 2017 mendatang ialah masalah pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Ada beberapa item yang perlu atau dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pengolahan sampah di TPA, seperti alat berat jenis buldoser, jembatan timbang dan mesin penangkap gas metan.

"TPA salah produk yang dinilai dan memberikan nilai cukup tinggi, sehingga kita upayakan benahi apa yang kurang di TPA saat ini," ungkap Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dalam rapat koordinasi terkait lingkungan, Selasa (23/8/2016).

Dikatakannya, untuk alat penangkap gas metan sendiri, saat ini sudah ada dan tinggal dipasang dan dimaksimalkan sebagaimana fungsi seharusnya. Pasalnya, gas metan yang timbul dari sampah ini perlu segera diatasi.

"Kalau alatnya sudah ada dan setidaknya bisa segera kita fungsikan," tambahnya.

Sementara itu, terkait masalah alat berat sendiri, saat ini akan diupayakan agar TPA memiliki alat tersebut. Bukan hanya pemerintah daerah tapi juga akan berkoordinasi dengan pihak swasta untuk membantu upaya ini.

"Nanti akan kita pikirkan lagi masalah ini. Harus bentuk panitia untuk jalannya langkah-langkah ini dan libatkan pihak pengusaha untuk memanfaatkan CSR mereka," bebernya.

Diharapkan, pihak-pihak yang terlibat dalam hal ini bisa belajar dari sebelumnya, dimana Berau mendapat nilai jelek di beberapa item. Item-item itu sendiri yang harus dibenahi, sedangkan yang sudah baik harus dipertahankan.

"Kita harap apa yang menjadi catatan merah bisa kita perbaiki untuk kedepannya," pungkasnya.(dws)