Cek Keabsahan Sertifikat Sekarang Juga

TANJUNG REDEB – Imbauan Badan Pertanahan Negara (BPN) mempersilahkan masyarakat lakukan pengecekan sertifikat tanah, baik yang sudah memiliki maupun yang akan membeli tanah, diapresiasi masyarakat.

Disampaikan Humas BPN Berau, Imbawan Sanusi, hingga saat ini masyarakat yang melakukan pengecekan sertifikat tanah terus berdatangan. Baik dari wilayah Kecamatan Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Sambaliung maupun Gunung Tabur dan beberapa Kecamatan lainnya.

“Kita sudah imbau mereka sejak beberapa bulan lalu, dan syukur sampai saat ini masih ada yang berdatangan mengecek sertifikat mereka,” katanya kepada beraunews.com, Minggu (21/8/2016).

BACA JUGA : Yakinkah Tanah Kita Ini Aman?

Pengecekan tersebut harus dilakukan sejak dini sebelum muncul hal-hal terkait sertifikat tanah tersebut dikemudian hari. Sebab persoalan tanah merupakan masalah yang banyak ditemui di daerah kerjanya. Jika ada ditemukan sertifikat ganda, maka pihaknya akan melakukan mediasi antara kedua belah pihak.

“Lebih baik kalau di cek dari sekarang, kalau nanti-nanti malah tambah susah apalagi kalau sampai ada masalah,” ujarnya.

BACA JUGA : BPN Persilahkan Masyarakat Cek Keabsahan Sertifikat

Masyarakat yang belum memahami prosedur pengecekan sertifikat tanah bisa mendatangi Kantor BPN yang berada di Jalan Murjani I, Tanjung Redeb.  Dengan membawa sertifikat asli dan fotokopi sertifikat tanah ke BPN, lalu kemudian diajukan ke loket. Adapun administrasi yang harus dipenuhi sesuai dengan standar administrasi Rp50 ribu sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya masyarakat yang merasa masih ragu dengan keabsahan sertifikat tanahnya, kembali kami imbau untuk melakukan pengecekan, lebih cepat lebih baik,” ucapnya.(mta)