Bupati Apresiasi Kesuksesan Paskibraka

TANJUNG REDEB – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Berau angkatan tahun 2016 yang sukses melaksanakan tugas dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-71, di Lapangan Pemuda, Tanjung Redeb, Rabu (17/8/2016), mendapat apresiasi luar biasa dari Bupati Berau, Muharram.

Bupati menyampaikan rasa bangganya setelah menyaksikan pengibaran bendera merah putih di HUT RI ke-71 berjalan dengan sempurna. Makna kesuksesan itu, diharapkannya tidak hanya saat melaksanakan tugas negara tersebut, namun yang lebih penting, kesuksesan para anggota Paskibraka setelah lepas dari tanggung jawab tersebut.

“Kalian sukses mengibarkan bendera, tapi sesungguhnya tantangan terberat masih ada di depan mata,” ungkapnya dihadapan para anggota Paskibraka, Rabu (17/8/2016) malam.

Dalam pidatonya mengapresiasi Paskibraka, Muharram mengatakan, generasi muda merupakan harta yang paling berharga bagi sebuah bangsa. Maka itu, kualitas pemuda merupakan hal  utama yang perlu dibangun.

Dalam menyikapi kondisi negeri saat ini, dibutuhkan pemuda pemudi yang memiliki cara berpikir di atas rata-rata. Dikatakan Muharram, pemuda yang demikian akan mampu membawa perubahan lebih baik didaerahnya, khususnya daerah tercinta Kabupaten Berau.

Melalui Paskibraka, ia yakin pemuda Berau bisa menjadi lebih baik lagi dalam bertindak, sebab dalam membentuk karakter seorang Paskibraka selalu ditekankan kedisiplinan yang tinggi. Lewat kedisiplinan akan tumbuh kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia seutuhnya.

“Kita butuh pemuda yang siap untuk memikul tanggung jawab, bukan hanya sekadar memikul tapi juga bisa menjadi teladan bagi semuanya. Kita butuh pemuda yang di atas rata-rata, terutama disaat kondisi negeri seperti ini,” ujarnya.

Secara khusus, kepada seluruh Paskibraka di Berau, ia berharap langkah menjadi seorang Paskibraka dapat mengantarkan para pemuda pemudi tersebut pada kesuksesan yang lebih berarti lagi, terutama setelah lepas dari bangku pendidikan.

Adapun Paskibraka yang bertugas menjadi pengibar bendera pada pagi hari antara lain Andi Wiranto selaku penggerek bendera dari SMAN 8 Kecamatan Biduk-Biduk, Ade Setiawan dari SMKN 5 Berau selaku pengibar tengah, dan Yohanes Yoga Rinaldi dari SMAN PGRI selaku pembentang bendera. Sedangkan pembaki dipercayakan kepada Solina dari SMAN 10 Kecamatan Batu Putih.

Sementara itu, Paskibrakan yang bertugas pada sore hari antara lain Muhammad Baqhi Antudrikal Falaqhi dari SMAN 1 Berau selaku penggerek bendera, Andi Wiranto dari SMAN 8 Kecamatan Biduk-Biduk selaku pengibar tengah, dan Yohanes Yoga Rinaldi dari SMAN 10 Kecamatan Batu Putih selaku pembentang bendera. Pembaki dipercayakan kepada Evi Trisnowati dari SMKN 4 Berau.

“Semoga kalian semua bisa meraih apa yang dicita-citakan. Terus asah kemampuan berpikir dan potensi yang ada dalam diri masing-masing, saya yakin kalian akan menjadi pemuda-pemuda yang hebat,” pungkasnya.(mta)