Bupati Ingin Berau Mirip Singapura

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram menginstruksikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara menumbuhkan kesadaran individu jika membuang sampah sembarangan hukumnya haram.

Hal ini disampaikannya melalui pidato resepsi peringatan HUT RI ke-71, Rabu (17/8/2016) malam, dihadapan ratusan pejabat daerah hingga para tokoh-tokoh masyarakat yang hadir.

“Saya ingin Berau ini ke depan bisa mirip Singapura dalam hal kebersihan,” ungkapnya.

Kesadaran masyarakat terutama dalam hal membuang sampah hingga saat ini dikatakannya, masih sangat kurang. Hal itu dilihat dari masih banyaknya pinggiran jalan yang dialih fungsikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah. Akibatnya, tidak hanya mengurangi keindahan, namun juga menimbulkan aroma tak sedap di sepanjang pinggiran jalan hingga menjadi faktor timbulnya wabah penyakit.

Meski pemerintah melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan sudah menyediakan tempat khusus membuang sampah, namun ulah tangan masyarakat yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan membuat sampah masih banyak bertebaran.

“Harus kita tanamkan dalam pikiran kita, kebersihan itu penting. Kita jadikan target Berau bebas sampah sebagai cita-cita terbesar kita,” ujarnya.

Untuk merealisasikan impian Berau menjadi Kota yang bersih, maka seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali harus melakukan gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan minimal satu bulan sekali.

Tak cukup dengan cara tersebut, ia juga menambahkan membuang sampah pada tempatnya harus menjadi budaya yang nantinya bisa tumbuh menjadi pola pikir yang tetap, baik itu dari usia anak-anak hingga dewasa.

“Sekecil apapun sampahnya, baik itu bungkus kacang, botol minuman, puntung rokok atau bungkus permen sekalipun adalah tanggung jawab kita. Tanggung jawab kita untuk membuang pada tempatnya,” tutupnya.(mta)