Antisipasi Pemerasan, Kesbangpol Sebar Daftar LSM Dan Ormas Legal

TANJUNG REDEB – Maraknya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) illegal bergentayangan di sejumlah wilayah Kabupaten Berau, ditanggapi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Berau, Muhammad Dakri.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 33 organisasi masyarakat (ormas) maupun LSM yang telah terdaftar di Kesbangpol. Namun, pihaknya juga tidak memungkiri masih banyaknya LSM maupun Ormas yang masih illegal di Kabupaten Berau.

BACA JUGA : Awas!!! LSM “Abal-Abal” Gentayangan

Namun lanjut dia, untuk keberadaan LSM yang belum terdaftar di Kesbangpol, hingga saat ini masih terus dilakukan pemantauan. Sebenarnya, sejumlah LSM dan Ormas tersebut menurut Dakri, selama keberadaannya tidak menimbulkan masalah di tengah masyarakat, maka lembaga tersebut tidak masalah melakukan kegiatan.

“Tapi kita selalu monitor. Dan juga, jika LSM ini ingin meminjam fasilitas apapun milik pemerintah itu tidak akan diberikan, sebelum mereka mendaftarkan LSM mereka ke Kesbangpol,” tegasnya saat dihubungi beraunews.com, Selasa (16/8/2016).

BACA JUGA : Camat Geram, Kepala Kampung Diperas Oknum 25 Juta

Sementara, terkait oknum yang kerap mengatasnamakan LSM illegal, dan sering meminta atau memeras sejumlah kepala kampung di wilayah pesisir selatan, seperti di Kecamatan Talisayan dan Batu Putih. Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan, dalam hal ini Polres dan Kodim.

BACA JUGA : Kesbangpol Berau : Baru 33 Ormas dan LSM Terdaftar

Bahkan, pihaknya juga akan menyebar sejumlah LSM yang sudah terdata di Kesbangpol ke setiap kecamatan di Kabupaten Berau, kemudian ditembuskan ke setiap pemerintah kampung. Hal ini dilakukan Kesbangpol, agar baik camat maupun kepala kampung, tahu mana LSM atau ormas yang legal dan mana yang illegal.

Tidak itu saja, jika ada LSM atau Ormas illegal yang masih nekat memeras pemerintah kampung, pihaknya menyarankan agar segera melaporkannya ke Kesbangpol atau ke aparat keamanan untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGABanyak Ormas dan LSM Ilegal Tak Terpantau 

“Jika nantinya muncul lagi LSM atau semacamnya yang sifatnya mengganggu jangan dilayani, kalau bisa diberikan penegasan, tidak melayani LSM illegal. Dan segera laporkan atau bawa langsung ke Kesbangpol,” tutupnya.(hir)