Dana Pembangunan Kampung dan RT Sudah Masuk RAPBD

TANJUNG REDEB – Program Bupati Berau, Muharram dan Wakilnya, Agus Tantomo, untuk mengalokasikan dana pembangunan disetiap kampung dan RT yang ada di Kabupaten Berau, saat ini sudah masuk dalam draf Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2017.

Muharram mengatakan, setiap kampung atau desa akan mendapatkan kucuran dana untuk pembangunan minimal Rp2 miliar sampai dengan Rp5 miliar per tahun. Alokasi dana yang cukup besar bukan hanya diterima oleh kampung atau desa, melainkan masing-masing RT pun akan menerima dana yang terbilang cukup besar, yakni mulai dari Rp50 juta sampai dengan Rp100 juta setiap tahunnya.

Dari dana tersebut diharapkan dapat menjadikan percepatan pembangunan diseluruh penjuru dan struktur daerah menjadi merata, baik dari segi ekonomi, pendidikan, dan sebagainya.

“Belum terealisasi, karena anggarannya baru direncanakan sekarang,” ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (13/8/2016).

Nantinya dana yang akan diterima oleh masing-masing RT akan diakomodir oleh masing-masing kecamatan yang menaungi wilayah kerjanya. Sedangkan untuk di daerah kampung akan dianggarkan melalui dana kampung.

“Pelaksanaannya nanti di tahun 2017, semoga saja lancar dan tidak ada kendala apapun, sehingga apa yang dicita-citakan pemerintah dan masyarakat untuk pembangunan merata bisa segera tercapai,” ujarnya.

Meski belum diketahui secara pasti besaran anggaran yang akan diterima, namun diharapkan alokasi dana tersebut akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, termasuk untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Misalkan dengan memfasilitasi kegiatan dalam meningkatkan maupun mengelola SDM yang ada.(mta)