Jamaah Haji Lewat Berau, Bupati Bulungan Datangi Muharram

TANJUNG REDEB – Bupati Bulungan, Sudjati bersama Asisten II, Zulkifli Salim, Kabag Kesra, Djumahir serta Kepala Kantor Kementerian Agama Bulungan, A Nabhan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Berau, Jum’at (12/8/2016). Rombongan yang tiba di rumah jabatan Bupati pada pukul 16.00 Wita, langsung disambut hangat Bupati Berau, Muharram.

Kunker rombongan ini terkait tindaklanjut rencana penerbangan 58 jamaah haji asal Bulungan, yang akan menggunakan maskapai penerbang dari Bandara Kalimarau. Dipilihnya Bandara Kalimarau, diungkapkan Sudjati, akan memudahkan proses keberangkatan calon jamaah haji. Sebab, bila melalui Bandara Juwata, Tarakan, para jamaah haji harus beberapa kali berpindah transportasi, baik darat maupun laut.

“Karena aksesnya lebih gampang dan praktis dibandingkan lewat Tarakan. Kalau di Tarakan kan harus naik-turun. Kemudian, melihat cuaca yang kadang ada ombak sedangkan kalau disinikan sudah jelas, keamanan lebih baguslah dan jalan juga sudah bagus,” ujarnya.

Dikatakan Sudjati, pada tahun 2013, pihaknya pernah menggunakan penerbangan dari Berau-Balikpapan. Namun, di tahun 2014 dan 2015, jamaah haji langsung diberangkatkan dari Bulungan melalui Bandara. Di tahun 2016 ini, lantaran kondisi maskapai penerbangan yang tak memiliki jadwal tetap, membuat pihaknya mencari alternatif lain, yakni memilih penerbangan dari Bandara Kalimarau.

“Sudah pernah. Kalau tahun kemarin, langsung dari Kalstar (Bulungan-Balikpapan-red). Tapi sekarang kan, Kalstar masih tidak tentu juga penerbangannya dan tidak jelas. Kadang libur, kadang tidak. Kalau disinikan jelas, tanggal sekian,” katanya.

Dikatakan Sudjati, jamaah haji asal Bulungan akan menggunakan maskapai penerbangan Sriwijaya untuk keberangkatan pukul 14.45 Wita, Sabtu (20/8/2016) maupun untuk kedatangannya nanti.

“Tahun ini, berangkatnya lewat sini dan pulangnya juga. Kita langsung berangkat dari Bulungan dan sampai sini, diperkirakan sekitar Dzuhur,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Muharram menyambut baik atas kedatangan rombongan Pemkab Bulungan tersebut. Muharram menilai hal ini bukan menjadi sebuah keharusan yang wajib dilakukan Pemkab Bulungan. Namun, dengan adanya kunjungan ini, hal ini menandakan jika Pemkab Berau dan Bulungan memiliki hubungan yang cukup baik.

“Bupati Bulungan datang ke Berau kemudian silaturahmi dengan kita, lebih kepada karena jamaah hajinya mau startnya melalui Berau, kulun nuwun lah istilahnya. Walaupun sebetulnya tidak wajib karena sesungguhnya bandara ini, kan fasilitas umum. Artinya, penerbangan mana yang diikuti, sebetulnya tidak perlu (pemberitahuan), cuma karena beliau menghargai kita, beliau datang,” ungkapnya.

Dikatakan Muharram, sejak dirinya duduk di DPRD, sudah cukup mengenal Bupati Bulungan, Sudjati dan sebaliknya. Ia pun mengetahui kondisi yang akan dihadapi para jamaah haji asal Bulungan, bila menggunakan penerbangan dari Bandara Juwata, Tarakan.

“Jamaah haji disana kalau melalui Tarakan, berkali-kali harus pindah kendaraan. Darat dulu baru ke speed, dari speed ke darat lagi, baru ke bandara. Kalau disini, langsung sekali saja turun,” pungkasnya.(sai)