Ini Penyebab IPA Biduk-Biduk Belum Beroperasi

BIDUK-BIDUK – Masyarakat di Kampung Biduk-Biduk sepertinya harus sedikit bersabar menunggu Instalasi Pengolahan Air (IPA) beroperasi. Walaupun bangunan gedung dan pemasangan instalasinya sudah selesai dibangun, namun masih ada kendala yang belum terselesaikan, seperti pemenuhan listrik.

Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi menyampaikan, IPA tersebut belum dapat difungsikan lantaran listrik yang digunakan sebagai pembangkit mesin IPA tersebut belum tersambung. Sebenarnya, di Kampung Biduk-Biduk sendiri sudah tersedia pembangkit listrik dari PLN. Hanya saja waktu operasinya baru sekitar 12 jam saja.

Dengan waktu tersebut dinilai Adief, masih belum cukup untuk mengoperasikan IPA. Selain itu lanjutnya, salah satu alasan mengapa IPA tersebut belum beroperasi juga dikarenakan bangunannya belum diserah terimakan.

“Tadinya kalau memang sudah ada listriknya kami mau urus sendiri untuk penyerahnnya. Intinya, kami dari PDAM mau mengoperasikannya,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com, Kamis (11/8/2016).

Bahkan dirinya juga sempat mengunjungi lokasi IPA tersebut dan sekaligus melihat secara langsung kondisi di lapangan. Tidak itu saja, dirinya juga menjalin komunikasi dengan Camat Biduk-Biduk serta pimpinan PLN disana terkait listrik di instalasi air bersih tersebut.

“PLN disana juga tidak memiliki cadangan listrik, makanya ini belum bisa operasi,” ungkapnya.

Ketika ditanya, apakah ada kendala lain selain listrik, seperti belum selesainya pemasangan instalasi pipa atau komponen lainnya? Adief menjawab, hal itu sudah selesai, namun berdasarkan hasil evaluasinya, kendala utamanya  sekali lagi belum tersedianya listrik secara maksimal. Jika listrik memadai tambahnya, maka IPA dapat beroperasi.

“Kalau ini beroperasi kampung-kampung yang ada di sekitar Kampung Biduk-Biduk, seperti Giring-Giring dan Teluk Sulaiman itu dapat kita layani, asal ada listriknya,” pungkasnya.(hir)