27 Kursi Jabatan Strategis Di IPB Jadi Rebutan

TANJUNG REDEB – Demi meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan yang lebih baik dalam melayani kebutuhan masyarakat, managemen PT Indo Pusaka Berau (IPB) melakukan seleksi jabatan yang dilaksanakan di ruang rapat kantor IPB Jalan Pemuda, Tanjung Redeb. Seleksi kali ini melibatkan tim eksternal dari PT Cantika Daya Irawati sebagai konsultan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam seleksi ini setidaknya, ada 27 kursi jabatan kepemimpinam dan juga 20 jabatan sebagi staf yang diseleksi. Ketua Tim Seleksi dari PT Cantika Daya, Irawati mengatakan, dalam menentukan seseorang untuk menduduki jabatan khusus diperlukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi baik dari perilaku dan kemampuam diri.

"Kita saat ini melihat potensi yang dimiliki karyawan untuk menduduki jabatan tertantu, karena potensi yang mereka miliki nanti akan kita sesuaikan jabatan apa yang cocok sama mereka," ungkapnya kepada beraunewsw.com, Selasa (9/8/2016) didampingi Direktur Utama PT IPB, Najamuddin.

Selain kemampuan diri, baik cara berfikir dan psikologi karyawan, tim juga melihat kemampuan kepemimpinan. Hal tersebut dilakukan guna menghindari karyawan yang menduduki jabatan strategis, namun tak memilki jiwa kepemimpinan yang baik, sehingga dapat menghambat kerja perusahaan.

"Jiwa kepemimpnan itu sangat penting, ini demi kemajuan perusahaan. Disitu para karyawan akan dilihat kemampuanya dalam memecahkan sebuah masalah yang sedang dihadapi, sehingga akan terlihat kualitasnya," tambahnya.

Tak sampai disitu, para karyawan ini juga akan melalui proses oral communication (komunikasi lisan), sebab seorang pemimpin harus pandai berkomunikasi serta harus pandai memahami apa yang dirasakan orang lain.

"Dalam seleksi ini kita juga akan melihat proses empati para karyawan dalam melihat situasi perusahan, baik komunikasi dan memahami kondisi bawahan di lapangan," bebernya.

Seleksi yang akan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut itu juga akan melalui proses wawancara tertutup bagi setiap karyawan, dimana peserta seleksi harus mengungkapkan pengalaman yang dimiliki. Dengan berbagi proses seleksi ini, nantinya perusahaan akan menemukan pemimpin dan staf sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka masing-masing.

"Setelah kita mengetahui kecocokan para karyawan dengan jabatan yang akan diduduki. Saya yakin perusahan akan bisa semakin berkembang karena didukung SDM yang sesuai bidangnya," tutupnya tanpa mau menyebutkan posisi jabatan yang diperebutkan.(msz)