Rakor KAD, Ajang Meningkatkan Profesionalisme Kearsipan

PULAU DERAWAN – Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan Badan Arsip Daerah (BAD) Kaltim bekerja sama dengan Kantor Arsip dan Dokumentasi (KAD) Berau, Selasa (9/8/2016), di Pulau Derawan, resmi dibuka Kepala BAD Kaltim, Ardiansyah.

Rakor yang dihadiri Asisten IV Setda Berau, Suparno Kasim mewakili Bupati Berau, Muharram, juga dihadiri oleh seluruh Kepala KAD di 7 Kabupaten dan 3 Kota seluruh Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya, Ardiansyah yang juga mewakili Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak mengatakan, rakor yang mengusung tema peningkatan kinerja pengawasan kearsipan dalam rangka tertib arsip, harus menjadi titik balik seluruh jajaran KAD dapat memberikan perhatian lebih terhadap arsip-arsip daerah yang menjadi sumber informasi terpenting dikemudian hari.

Selain itu, ia juga berharap melalui rakor tersebut dapat mendorong pencipta arsip maupun lembaga arsip dalam menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaedah dan undang-undang maupun peraturan yang berlaku. Sehubungan dengan itu, maka perlu dilakukan pengawasan secara komprehensif dan menyeluruh sebagaimana yang tertuang dalam peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 38/2015 tentang Pedoman Pengawasan Kearsipan.

Sejalan dengan UU Nomor 43/2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28/2012 tentang Pedoman Pengawasan Kearsipan, maka pengawasan kearsipan sangat penting dilakukan untuk melihat apakah kearsipan yang dilaksanakan oleh KAD di masing-masing daerah sudah melalui proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi bukti yang dilakukaan secara independen, objektif dan profesional.

“Mewakili Pemprov Kaltim, saya menyambut baik rakor ini. Kita berharap setelah klasemen rakor ini berakhir, maka seluruh jajaran harus lebih meningkatkan kepedulian terhadap penyelenggaraan arsip daerah, karena arsip ini sangat penting. Semakin transparan kita, maka masyarakat akan semakin percaya terhadap kearsipan kita,” ujarnya.

Tak hanya dilingkungan internal saja, ia juga mengimbau kepada seluruh KAD untuk terus berkoordinasi dan menjalin kerjasama yang baik kepada SKPD terkait dalam menyelenggarakan kearsipan. Hal itu juga merupakan bentuk dukungan terhadap pembangunan daerah yang saat ini sedang gencar dilakukan.

“Intinya, rakor ini kita selenggarakan untuk menyamakan persepsi seluruh jajaran KAD yang ada di wilayah kerja Kaltim, khususnya dalam menyelenggarakan kearsipan,” katanya.

Sementara, Suparno Kasim menyampaikan apresiasi terhadap rakor KAD yang baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Berau. Menurutnya, selain untuk membahas kinerja seluruh jajaran KAD dan menjalin silaturahmi, melalui rakor ini juga diharapkan mampu menjadi ajang promosi wisata ke daerah lain, utamanya wisata Pulau Derawan sebagai lokasi terselenggaranya rakor.

“Pemkab sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi di sela-sela kegiatan, kita juga bisa sembari mempromosikan wisata. Karena jujur saja, meski orang Kaltim tapi masih ada beberapa yang belum mengenal Pulau Derawan,” bebernya.

Adapun harapan Pemkab Berau terkait pelaksanaan rakor KAD tersebut, ke depan seluruh SKPD dapat mengarsipkan seluruh dokumen dengan baik dan benar. Salah satunya dengan menggandeng lembaga kearsipan.

“Kalau dokumen-dokumen penting itu tidak diolah dan dijaga dengan baik, suatu saat ketika membutuhkan pasti akan kebingungan. Nah, lembaga kearsipan inilah yang bertugas untuk hal tersebut. Semoga ke depan sistem kearsipan kita bisa menjadi jauh lebih baik lagi,” tutupnya.(mta)