Lebih Baik Jika Distamben Dilaporkan Ke Bupati

TANJUNG REDEB – Rencana Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani untuk melaporkan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) ke Bupati direspon positif Kadistamben, Mappasikra Mappaseleng. Hal ini terkait belum terealisasinya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kampung tersebut.

Dikatakan Mappasikra, keinginan Kepala Kampung itu akan sangat baik, sehingga semua persoalan yang ada bisa diketahui Bupati. Dengan demikian, Bupati bisa segera mengambil sikap untuk pemasangan PJU di Gurimbang dengan segera.

"Kita tidak khawatir kalau memang ini mau dibawa ke Bupati. Kami malah bersyukur kalau ini sampai ke Bupati, karena dengan demikian Bupati bisa mengupayakan dengan segera agar PJU segera dipasang," ujarnya kepada beraunews.com, Kamis (4/8/2016).

Namun demikian, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak PLN, mengingat selama ini PLN yang melakukan pembangunan jaringan di wilayah Gurimbang. Sehingga, ada beberapa mekanisme dan prosedur yang harus dilalui.

"Kita tetap berupaya, kita maunya kalau bukan di perubahan tahun ini ya di murni tahun depan itu segera di pasang PJU di Gurimbang. Ada beberapa aturan PLN yang harus kita taati, sehingga proses pemasangan masih agak sulit," tambahnya.

Dirinya meminta, bukan hanya Gurimbang, tetapi jika bisa seluruh kampung yang sekiranya sudah teraliri listrik dan membutuhkan PJU bisa langsung mengadu ke Bupati. Dengan demikian, Distamben juga akan terbantu mencari jalan keluarnya dan mendapat solusi cepat.

Apalagi dengan adanya Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-Apdesi) Kabupaten Berau, dimana Madri Pani sebagai Ketuanya, diharapkan bisa memperjuangkan semua kampung.

"Justru saya berterim kasih dengan Madri Pani, dengan rencananya untuk membawa ini ke Bupati, otomatis Bupati akan membantu mempercepat proses. Kalau bisa semua kampung juga diakomodir Madri Pani yang juga Ketua P-Apdesi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, meski telah meraih predikat sebagai kampung terbaik tingkat nasional, namun Kampung Gurimbang hingga kini masih belum memiliki lampu PJU. Bahkan, pihak Kampung Gurimbang telah berulang kali melakukan pengajuan penyediaan lampu PJU itu melalui Distamben Berau, namun sampai saat ini upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Keluhan Kampung Gurimbang itu pun ditanggapi Kepala Distamben Berau, Mappasikra Mappaseleng. Dikatakannya, pihaknya telah mengetahui keluhan warga tersebut dan pihaknya berjanji akan segera melakukan peninjauan ke Kampung Gurimbang.

“Iya, saya sudah dengar soal keluhan warga Gurimbang terkait lampu PJU. Secepatnya saya akan turun ke lokasi untuk meninjau itu, disanakan belum ada tiang lampunya, jadi kita harus cek dan hitung berapa titik yang akan dipasang PJU,” ujarnya kepada beraunews.com, Senin (20/6/2016).

Mendengar rencana Distamben itu, Madri mengatakan, hingga kini rencana tersebut tak pernah terealisasikan, sementara saat ini informasinya sedang digodok APBD Perubahan tersebut. Untuk itu, Madri berencana melaporkan Distamben kepada Bupati Berau, Muharram jika tahun ini PJU di Gurimbang tak kunjung dipasang.(msz)