Target 2017 Kecamatan Pesisir Selatan Terang 24 Jam

BATU PUTIH – Belum maksimalnya penerangan di wilayah Kabupaten Berau sepertinya akan segera berakhir. Pasalnya, di tahun 2017 mendatang, semua Ibu Kota Kecamatan yang ada di Berau bakal nyala 24 jam. Hal itu disampaikan Bupati, Muharram di tengah halal bi halal di Kecamatan Batu Putih, Senin (25/07/2016) lalu. Hal ini juga selaras dengan program pemerintah pusat yang mencanangkan program Indonesia terang 2017.

"Saya target di 2017 sudah bisa nyala. Jadi tidak ada lagi kecamatan, tidak ada lagi kampung yang tidak punya listrik," ujarnya saat berpidato dihadapan warga Batu Putih.

Dengan penerangan yang merata di semua wilayah sudah dipastikan Kabupaten Berau selangkah lebih maju. Karena, persoalan klasik yang selalu dikeluhkan mayoritas warga adalah minimnya penerangan. Bahkan, dirinya bersama Wabup juga merencanakan akan menyambungkan jaringan listrik dari Tanjung Redeb menuju Kecamatan Biduk-biduk.

"Diakhir tahun 2016 ini, PLTU yang berada di Teluk Bayur yang berkapasitas 2 x 7 MW juga akan beroperasi, kita jelas kelebihan daya" ungkapnya.

Saat ini, sambungan listrik dari PLN Area Tanjung Redeb sudah sampai di Kampung Suaran Kecamatan Sambaliung. Jadi kedepannya disampaikannya, listrik dari Suaran akan disambungkan ke semua kecamatan yang ada di pesisir.

Disamping itu, pihaknya juga akan bersinergi dengan perusahaan-perusahaan kelapa sawit di wilayah pesisir yang selama ini telah memiliki pabrik, agar dapat mendukung pemenuhan daya jika nantinya listrik dari Tanjung Redeb sudah tersambung ke Biduk-Biduk.

"Hitungan kita sekitar 100 Km lagi dilakukan penyambungan, dengan asumsi dana sekitar Rp100 miliar. Jika sudah tersambung semua, dipastikan di 2017 semua Ibu Kota Kecamatan akan menyala 24 jam," pungkasnya.(hir)