Calon Bayi Bisa Didaftarkan BPJS Kesehatan

TANJUNG REDEB – Ternyata, program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Mandiri juga bisa memasukan calon bayi yang belum lahir dalam program kesehatan ini. Bahkan hal itu dinilai perlu, mengingat jaminan kesehatannya saat akan lahir termasuk untuk ibunya.

Program yang sudah lama diluncurkan BPJS ini, diungkapkan Kepala Operasional Pelayanan BPJS Kesehatan Berau, Johansyah, memang diarahkan untuk membantu masyarakat yang akan melahirkan.

“Kita harapkan bagi yang hamil, sebelum melahirkan itu boleh menjaminkan calon bayinya ke BPJS Kesehatan dalam program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional-red),” ungkapnya kepada beraunews.com.

Johansyah juga menyebutkan, masih ada masyarakat yang tidak paham sistem kerja BPJS Kesehatan terutama bagi orang tua atau ibu hamil.

“Dia (orangtua) akan membawa hasil pemeriksaan dari bidan atau dokter. Nanti, dia akan disebut calon bayi dari ibu ini. Setelah dia lahir, dia (orangtua) akan melaporkan ke kita,” tambahnya.

Padahal, sambung dia, jika sebelum bayi tersebut dilahirkan sudah terlebih dahulu didaftarkan sebagai peserta BPJS, maka andai sang bayi sakit nantinya, orang tua tidak perlu repot untuk membiayai perawatannya. Sebab, bayi yang didaftarkan sama dengan peserta BPJS lainnya.

“Waktu setelah dia lahir, bayi tersebut juga akan dijamin oleh BPJS. Pelayanannya pun akan full sesuai kelasnya. Baik, yang persalinan normal maupun dalam keadaan sulit, operasi itu dijamin,” tambahnya.

Disinggung terkait banyak ibu hamil tidak mendaftarkan bayinya, Johansyah membenarkan karena informasi terkait pendaftaran bayi sejak dalam kandungan sebagai peserta BPJS belum memasyarakat. Terlebih, dengan geografis Kabupaten Berau yang luas.

“Mereka yang terdaftar sebagai peserta mandiri tidak mendaftarkan bayi dalam kandungannya sebagai peserta BPJS, sehingga saat sang bayi dilahirkan dan ternyata harus dirawat di rumah sakit mengharuskan orang tua merogoh kocek pribadi untuk membiayai perawatan bayi,” tutupnya seraya mengatakan kartu peserta BPJS baru bisa aktif setelah 14 hari pendaftaran atau pembayaran premi.(sai)