Perairan Berau Jadi Perhatian Danlantamal

TANJUNG REDEB – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan, Laksamana Pertama Wahyudi H Dwiyono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Berau, Jumat (22/7/2016).

Kedatangannya menggunakan kapal patroli jenis Combat Boat Patkamla Mamburungan 1-13-47 dan merapat di dermaga pelabuhan kapal milik PT Berau Coal. Kunker Danlantamal ini disambut Bupati Berau Muharram, Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso serta Wakapolres Berau, Kompol Agus Siswanto.

Dalam keteranganya, Danlantamal mengatakan, kunkernya ini bertujuan menindaklanjuti rencana TNI Angkatan Laut (TNI AL) untuk melakukan peningkatan status Pos TNI AL yang ada di Berau menjadi Pangkalan TNI AL (Lanal). Peningkatan itu diyakini akan memperkuat pengawasan perairan NKRI di wilayah Kabupaten Berau.

“Kedatangaan kita untuk berkoordinasi dengan Pemkab Berau dalam upaya peningkatan pos TNI AL yang ada saat ini menjadi Lanal. Sehingga kita meminta Pemkab Berau bisa memberikan fasilitas terkait ketersediaan lahan untuk lokasi Lanal kita,” ungkapnya.

Danlantamal mengaku rencana peningkatan status tersebut tak lepas dari maraknya aksi pembajakan yang dilakukan kelompok Abu Sayaf terhadap kapal pengangkut batu bara dari Indonesia ke luar negeri. Selain itu, dengan berubahnya menjadi Lanal, diharapkan akan mampu menekan terjadinya tindak kriminal illegal fishing dan penyelundupan narkoba melalui wilayah laut.

“Itu merupakan contoh kerawanan yang terjadi di laut, sehingga perlu peningkatan pengawasan serta kerja sama semua pihak, bukan hanya angkatan laut semata,” tambahnya.

TNI AL terus berkomitmen menjadikan prioritas terkait penegakan hukum dan keamanan di wilayah laut. Saat ini, pihaknya tengah berupaya melakukan penambahan armada laut guna pencapaian prioritas tersebut.

“Penambahan armada laut dan personil nantinya bisa ditempatkan di Berau setelah naik status menjadi Lanal,” pungkasnya.(msz)