Pemadaman Listrik Bukan Alasan Terhentinya Layanan Kependudukan

TANJUNG REDEB – Beberapa waktu lalu banyak masyarakat yang sempat mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau lantaran pelayanan terhenti akibat pemadaman listrik. Bukan itu saja, beberapa blanko yang merupakan salah satu syarat yang harus diisi masyarakat pun habis dan otomatis juga menghambat segala urusan masyarakat terkait administrasi kependudukan mereka.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil, Fredy Suryadi memastikan kedepannya tak akan ada hambatan pelayanan lagi. Pasalnya, tahun ini Disdukcapil sudah dilengkapi generator set atau genset.

"Memang sebelumnya Disdukcapil bergantung pada listrik PLN dalam pelayanan pengurusan administrasi, tetapi ke depan hal itu tidak jadi masalah lagi, karena kita tahun ini sudah ada genset dari pengadaan. Ini penting demi pelayanan ke masyarakat, sehingga ke depan tidak lagi ada alasan listrik padam," ungkapnya kepada beraunews.com, Jum'at (22/7/2016).

Dikatakannya, saat ini yang masih menjadi kendala adalah pencetakan E-KTP yang belum bisa dilakukan karena menununggu droping blanko dari pusat yang diperkirakan baru akan datang Senin (25/7/2016) nanti.

"Kemarin memang sempat terhambat pencetakan E-KTP kita, tapi hari Senin kemungkinan besar kita sudah bisa mencetak kembali yang sempat tertunda kemarin-kemarin," bebernya.

Fredy juga meminta maaf kepada masyarakat jika sebelumnya pelayanan sempat mengalami hambatan. Pihaknya berupaya mengatasi segala kendala dengan sesegera mungkin.

"Kalau memang kemarin ada kendala kita minta maaf, tapi kami akan selalu upayakan hal-hal yang menghambat agar bisa segera kita tangani untuk kelancaran pelayanan," pungkasnya.(dws)