Gaungkan Perangi Narkoba Hingga Ke Kampung

KELAY – Seruan perangi narkoba terus digaungkan Pemkab Berau, termasuk di Kampung Merasa Kecamatan Kelay maupun kampung-kampung lainnya se Kabupaten Berau. Pasalnya, Bupati, Muharram dan Wakilnya, Agus Tantomo nampaknya sangat paham, jika narkoba kini bukan saja menyerang perkotaan, namun juga telah menyasar generasi muda serta masyarakat yang hidup diperkampungan sekalipun.

“Di momen ini saya ingin kembali menyampaikan dukungan saya sebagai kepala daerah dalam upaya pemberantasan narkoba di Indonesia terkhusus di wilayah Kabupaten Berau. Narkoba ini barang yang harus diperangi bersama-sama, dimana saat ini narkoba bukan hanya menyasar yang tinggal diperkotaan tapi sudah masuk ke daerah pelosok sekalipun, ini harus diwaspadai,” terang Bupati saat membuka Musyawarah Besar (Mubes) suku Dayak Uma Baha di Kampung Merasa, Rabu (20/7/2016) kemarin.

Dikatakan Bupati, orang tua yang berada dikawasan pedesaan diminta untuk senantiasa mewaspadai pergaulan anak, bahkan harus curiga jika melihat tingkah laku anak mulai menujukan perubahan. Sebab, narkoba masuk ke dalam tubuh anak kita bisa melalui siapa saja, teman, tetangga bahkan keluarga sekalipun.

"Patut selalu mencurigai setiap orang yang masuk ke dalam dunia anak bukan hanya dalam pergaulan mereka, namun juga siapa pun yang berada disekitar anak dan keluarga," imbau Bupati.

Memerangi peredaran narkoba bukan hanya tugas aparat kepolisian, akan tetapi harus dijadikan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, ujar Bupati, peran serta semua pihak sangat penting dalam memberantas narkoba dari lingkungan kita. Salah satu caranya, dengan membantu kepolisian dalam memberikan keterangan atau informasi jika mengetahui adanya upaya penyalah gunaan narkoba atau obat-obat jenis lainnya.

“Kepala Kampung, Camat, guru-guru dan semua pihak, mari kita senantiasa bantu tugas kepolisian untuk memberantas narkoba ini. Laporkan jika melihat adanya perdaran narkoba, karena yang melapor tidak akan di penjara. Bukan hanya narkoba, banyak jenis obat-obatan yang sekiranya dapat merusak generasi, mari kita berantas bersama demi masa depan anak kita,” tutup Bupati.(msz)