Di Berau Rp5 Ribu Bisa Dapat Motor Baru

 

TANJUNG REDEB – Apa yang anda bisa lakukan dengan uang Rp5 ribu? Bagi kebanyakan orang nominal tersebut sangat sedikit. Namun, bagi Desi Elfianti, warga Jalan Manggis, Kelurahan Tanjung Redeb, Kecamatan Tanjung Redeb, uang senilai itu bisa memberikannya 1 unit sepeda motor baru. Tak percaya yah, baca berita ini.

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) terus berinovasi dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya, meransang kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Di tahun 2016 ini, Dispenda bagi-bagi hadiah kepada wajib pajak yang beruntung. Ya, bayar Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) bisa dapat motor.

Dispenda menyiapkan empat unit sepeda motor yang akan diundi bagi wajib pajak yang telah menunaikan kewajiban membayar pajak. Pengundian dilakukan sebanyak 2 tahapan. Jum’at (15/7/2016), pengundian tahap pertama dilaksanakan di halaman Kantor Dispenda, Jalan APT Pranoto. Acara pengundian dihadiri Bupati, Muharram bersama wakilnya, Agus Tantomo, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta undangan lainnya. Dalam acara tersebut, Bupati dan Wakilnya berkesempatan mengambil nomor undian yang beruntung.

“Selamat untuk nomor undian 9103 atas nama Desi Alfianti mendapatkan satu unit motor. Semoga ini bisa memotivasi wajib pajak lainnya untuk taat dalam membayar pajak,” ujar Bupati dalam acara pekan panutan pajak dan penarikan undian sepeda motor tahap I permbayaran PBB P2.

Kepala Dispenda, Maulidiyah menjelaskan, nama wajib pajak itu merupakan pemilik objek pajak dengan nomor registrasi 64.03.080.002.1054.0, yang berada di Jalan Cut Nyak Dien bagian belakang, Kelurahan Rinding, Kecamatan Teluk Bayur. Objek pajaknya berupa lahan seluas 250 meter persegi dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Rp20 ribu per meter persegi.

“Desi Elfianti ini merupakan pemilik tanah di Jalan Cut Nyak Dien dengan luasnya 250 meter persegi dan NJOP disana itu masih sekitar Rp20 ribu, sehingga bayar PBB P2 hanya Rp5 ribu saja. Pembayaran pajaknya dilakukan pada tanggal 16 Mei 2016 lalu,” jelasnya.

Maulidiyah menambahkan, inovasi perubahan yang pertama kali dilakukan Dispenda ini terbukti meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk taat membayar pajak. Pengundian tahapan kedua pun akan kembali dilakukan pada acara penutupan HUT Kabupaten mendatang dengan hadiah yang masih tersisa, yakni dua unit motor.

“Dengan adanya terobosan ini, terlihat peningkatan pembayaran pajak. Dibandingkan bulan Juli 2015, lalu hanya terealisasi sebesar 15 persen dari target SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang-red) yang telah diterbitkan pada tahun 2015 sebanyak 48.530 dengan nilai Rp4 milyar. Di bulan Juli 2016 ini, alhamdulillah terealisasi sebesar 30 persen dari target yang ingin dicapai senilai Rp4,941 milyar dengan jumlah SPPT 48.989, berarti terjadi peningkatan sebesar 15 persen,” ungkapnya.

Sementara, Wabup Agus Tantomo yang juga mengambil acak nomor undian peserta hadiah utama sepeda motor menetapkan nama Muhammad Djabir, warga Jalan Manggis, Kecamatan Tanjung Redeb dengan nomor objek pajak 64.03.060.007.007.0459.0, yang taat membayar PBB P2 tanahnya seluas 300 meter persegi dengan NJOP Bumi Rp36 ribu per meter persegi, sehingga bayar PBB P2 hanya Rp10.800.(sai)