Dinkes Akan Lakukan Sidak, Kenapa Ya ???

TANJUNG REDEB – Mudik lebaran nampaknya menjadi momen bagi semua pihak, termasuk untuk pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) untuk kembali melakukan aktivitas mereka di Kabupaten Berau. Dengan kembalinya pekerja THM itu, tak menutup kemungkinan akan adanya peredaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) dari pekerja THM kepada para pengunjung. Guna mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan insfeksi dadakan (sidak) ke THM yang ada di Kabupaten Berau.

Kepala Dinkes Berau, Totoh Hermanto melalui Berau melalui Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Andarias Baso mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengawasan terhadap THM yang ada. Hal itu guna mengantisipasi adanya pekerja baru yang datang, namun belum dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Sekarang banyak yang belum kembali, tapi kami tetap pantau terus. Jangan sampai ada pekerja THM yang baru dan bekerja disini belum di tes kesehatannya,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, pihaknya juga mengantisipasi banyaknya pengelola atau pemilik THM nakal yang tidak melaporkan pekerjanya ke Dinkes. Padahal, hal itu sangat penting dilakukan guna mengantisipasi peredaran HIV/AIDS di Kabupaten Berau.

“Pencegahan merupakan tugas kami, makanya kami akan melakukan koordinasi kepada para pemilik atau pengelola THM yang biasa melaporkan setiap pekerjanya dan melakukan pengawasan kepada THM-THM yang jarang melaporkan,” bebernya.

Jika nanti para pekerja THM sudah datang ke Berau secara keseluruhan, maka pihak Dinkes siap melakukan sidak dengan berkoodinasi dengan pihak Kecamatan dan Satpol PP untuk melakukan kegitan tersebut.

“Kami juga masih menunggu dan mengawasi. Kalau nanti sudah tepat waktunya maka kami akan koodinasi dengan pihak kecamatan dan Satpol PP untuk bergerak bersama,” pungkasnya.(dws)