Tingkatkan Disiplin ASN, Bupati Berau Terbitkan Perbup

 

TANJUNG REDEB – Meningkatkan kinerja dan membangun kedisiplinan dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), jajaran Pemerintah Kabupaten Berau menerapkan Peraturan Bupati (Perbup) yang berkaitan dengan pelaksanaan hari kerja, presensi sidik jari dan absensi manual bagi ASN maupun pegawai tidak tetap atau honorer. Sosialisasi perbup yang dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram, didampingi Wakil Bupati, Agus Tantomo, digelar di ruang rapat Sangalaki Setkab Berau, Rabu (17/01/2018).

Dalam arahannya, Bupati Muharram menegaskan, kedisiplinan bagi ASN sangat penting dalam upaya peningkatan kinerja. Penerapan perbup yang mengatur tentang presensi sidik jari maupun absensi manual serta ketentuan pemberian sanksi (punishment) bagi ASN yang tidak disiplin, menurutnya merupakan upaya untuk menegakkan aturan. Sehingga mereka yang selama ini telah berkinerja dan berdisiplin kurang baik dapat lebih baik lagi.

Penerapan perbup ini diakuinya menimbulkan pro dan kontra di kalangan ASN. Namun bagi mereka yang memiliki semangat untuk berkarir yang lebih baik akan sangat mendukung dalam implementasi perbup ini. Untuk itu, yang terpenting dalam penerapan ini disampaikan Muharram, adalah persepsi yang sama bagi seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena jika pimpinan OPD tidak sejalan dengan peraturan ini, maka akan sangat sulit untuk diterapkan dengan baik.

“Pimpinan OPD harus satu persepsi yang sama dalam penerapan peraturan bupati ini,” ungkapnya.

Pimpinan OPD diminta untuk serius mengamankan kebijakan penerapan perbup ini, sehingga kedisiplinan ASN dapat diterapkan diseluruh OPD. Bupati Muharram optimis, dengan penerapan perbup ini, kedisiplinan akan meningkat dan memberikan peningkatan kinerja ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mereka yang terbiasa memelihara kedisiplinan, ditegaskan Muharram, pasti akan merasa nyaman dan bahagia. Terlebih tugas yang diberikan pada hari itu dapat diselesaikan dan dapat mengerjakan tugas baru dihari berikutnya.

“Kalau kita sudah terbiasa berdisiplin pasti akan mudah dalam melaksanakan setiap tugas,” tandasnya.(hms4/bnc)