Gelar Apel Peringatan HUT Kaltim ke-61, Bupati Serahkan Panji Keberhasilan Pembangunan

 

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau mengelar apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kaltim ke-61, Senin (15/01/2018) di Halaman Kantor Bupati. Selain dihadiri Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Berau, kegiatan juga dihadiri instansi vertikal, pelajar, mahasiswa dan organisasi masyarakat.

Bertindak sebagai inspekstur upacara, Bupati Berau Muharram. Dalam peringatan kali ini mengambil tema ‘Dengan Semangat Indonesia Kerja Bersama, Kita Wujudkan Kaltim Sejahtera’.

Dalam sambutan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak yang dibacakan Bupati Muharram, peringatan ini menjadi ajang momentum yang sangat penting untuk introsepksi dan perencanaan ke depan yang lebih baik. Karena di tahun 2017 yang baru saja dilewati merupakan tahun keempat pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2013-2018. Sehingga harus dihadapi dengan kerja nyata dan hadapi dengan optimis tinggi untuk mencapai masyarakat Kaltim yang maju dan sejahtera.

Peringatan ini juga harus menjadi ajang dalam merefleksikan diri, menjaga soliditas dan solidaritas. Memberikan lompatan besar demi mencapai kemajuan Kaltim.

“Pemerintah provinsi serta TNI/Polri dan seluruh masyarakat harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan Negara Indonesia khususnya di Kaltim dan sebagai agen perekat kebhinekaan yang melayani dengan jiwa dan semangat pancasila,” ujar Bupati.

Seluruh masyarakat juga diingatkan agar menghadapi persaingan terbuka yang saat ini terjadi. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Inovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetap bahkan mampu mengubah kehidupan sosial, politik dan ekonomi.

“Saat ini dunia swasta telah menyadari hal tersebut, dan mulai berlari dengan cepat. Kita harus mampu mengejar ketertinggalan dan memberikan pelayanan kepada publik yang tuntutannya semakin tinggi,” tegasnya.

Sementara khusus di Kabupaten Berau, Bupati mengakui masih banyak pembenahan yang harus dilakukan dalam meningkatkan pembangunan ini. Hal ini dilihat dalam perolehan panji keberhasilan pembangunan yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Untuk itu, ia mendorong agar seluruh Organisasi Perangakat Daerah (OPD) bisa memacu di tahun-tahun berikutnya untuk meningkatkan perolehan ini. Mengingat, raihan panji keberhasilan pembangunan merupakan salah satu indikator keberhasilan pemerintah daerah dalam pembangunan.

“Saya ucapakan kepada OPD yang meraih panji keberhasilan ini. Capaian ini diharapkan bisa diikuti oleh OPD lainnya. Dengan meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat sehingga mengalami perubahan yang lebih bagi lagi,” katanya.

Melalui upacara HUT ke-61 Kaltim, Bupati Berau Muharram secara simbolis menyerahkan panji keberhasilan pembangunan dari Gubernur Kaltim, kepada pimpinan OPD yang membidangi. Di antaranya panji bidang pariwisata kategori kabupaten yang diterima Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau. Panji bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak untuk Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Panji bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintah kampung kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, panji kesejahteraan sosial kepada Dinas Sosial serta panji bidang kelautan dan perikanan kepada Dinas Perikanan.

Selain itu juga diserahkan trofi Kaltim Award kepada OPD yang meraih peringkat II dan III tingkat Provinsi Kaltim, serta penghargaan kepada pelajar peringkat pertama pelopor keselamatan lalulintas tingkat Kaltim.(hms5/bnc)