Korpri Bakal Siapkan Lahan Perumahan PNS Di Semua Kecamatan

TANJUNG REDEB – Program pemerintah untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) berlanjut. Jika sebelumnya PNS yang meninggal dunia mendapatkan uang santunan pemakaman, kali ini program penyediaan perumahan murah bagi PNS di lingkungan Pemkab Berau akan kembali dilaksanakan. Untuk mewujudan program ini, Pemkab melalui Badan Pengurus Kabupaten Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merekomendasikan agar Pemkab Berau menyediakan lahan seluas 100 Hektar.

Ketua Korpri Berau yang juga Sekretaris Kabupaten (Sekkab), Jonie Marhansyah mengungkapkan, jika program penyediaan perumahan bagi PNS tersebut merupakan bagian dari program peningkatan kesejahteraan PNS.

“Kita ingin menyusun program terkait bagaimana mensejahterakan anggota Korpri, terutama kebutuhan-kebutuhan anggota Korpri yang sangat mendasar seperti perumahan. Tahun ini kita akan bertahap membangun perumahan di lahan yang sudah ada, disamping menyiapkan lahan baru yang lebih luas,” jelasnya kepada beraunews.com, usai memimpin rapat bersama seluruh pengurus Korpri Berau yang baru di ruang Rapat Semama, Selasa (12/7/2016).

Program itu dikatakannya, disusun dengan melihat masih banyaknya PNS yang belum memiliki tempat tinggal sendiri, baik yang menyewa maupun yang masih menumpang di rumah orang tua ataupun keluarga.

“Berdasarkan hasil evaluasi kita, masih banyak pegawai kita ini yang memang membutuhkan rumah. Ada yang masih menyewa, ada yang tinggal di tempat orang tua, di tempat mertua,” bebernya.

Saat ini, Korpri telah menyiapkan lahan seluas 14 hektare di wilayah Tanjung Redeb, yakni di Jalan Murjani III dan Jalan Sultan Agung, serta di Kecamatan Sambaliung dan Gunung Tabur masing-masing 2 hektare. Namun, Korpri juga telah menyusun program untuk menyiapkan lahan yang lebih luas dalam satu lokasi. Langkah ini berguna untuk penataan perumahan bagi PNS yang akan lebih baik lagi. Tapi, untuk penetapan lokasi, masih dalam penjajakan dan survei dengan melibatkan seluruh instansi terkait.

“Di Jalam Murjani ada 100 unit yang dibangun dan sudah dibagikan kepada mereka. Kemudian, dibelakangnya ada lahan kosong, itu rencananya kita bangunkan 92 unit. Ada juga tanah kita di Kedaung yang luasannya sekitar 6,5 – 7 hektar, itu juga rencana akan dibangun disana namun kondisi tanahnya masih berbukit sehingga harus diratakan dulu. Terakhir, kita akan carikan lokasi yang lebih luas sehingga bisa dibangun dalam satu kawasan,” katanya.

Tidak hanya di wilayah perkotaan, rencana pengembangan perumahan bagi PNS ini juga akan dilakukan di semua kecamatan. Untuk itu, diharapkan pihak kecamatan untuk mencari lokasi yang tepat dengan luasan tertentu dan diusulkan kepada pengurus Korpri Berau.

“Ya semua kecamatan kita targetkan ada perumahan bagi PNS dan kita berharap jajaran kecamatan mendukung dengan mencarikan lokasi yang tepat. Di kecamatan ini kan banyak juga PNS kita, baik guru, tenaga perawat, pegawai kecamatan, dan lainnya, yang juga mereka tidak punya rumah,” pungkasnya.(sai)