Berurusan ke Disdukcapil Berau, Kini Jauh Lebih Nyaman

 

TANJUNG REDEB – Ruang Pelayanan Administrasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau, telah selesai direnovasi. Upaya tersebut dilakukan, guna terus meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pantauan beraunews.com di lokasi, ruang pelayanan Kantor Disdukcapil kini terlihat lebih luas dan dilengkapi pendingin ruangan, sehingga terasa nyaman bagi siapapun yang berkunjung. Bahkan, jumlah loket pelayanan juga tampaknya mengalami penambahan. Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Masgul mengaku sangat senang dengan hadirnya ruang pelayanan baru di kantor tempat ia mengabdi.

Dikatakannya, Pemkab Berau terus berupaya melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan ruang pelayanan baru ini, diharapkan masyarakat bisa nyaman selama melakukan pengurusan administrasi dan surat menyurat. Begitu juga dengan petugas bisa mampu memberikan pelayanannya secara maksimal.

 

“Ruangannya sudah direnovasi sehingga masyarakat bisa nyaman. Selain SDM yang melakukan pelayanan harus baik, ruangan yang kita siapkan juga harus nyaman. Alhamdulillah pada hari ini sudah kita siapkan ruangan yang jauh lebih nyaman dari sebelumnya,” katanya

Sebagaimana diketahui, tambah Masgul, dengan ruang pelayanan sebelumnya, bisa terlihat banyak masyarakat yang menunggu, ada yang berdiri, ada yang diparkiran, dan bahkan ada juga yang sambil duduk-duduk di trotoar jalan di depan kantor.

“Selama ini kasihan juga masyarakat berurusan sampai membludak di halaman kantor,” imbuhnya.

 

Terkait penambahan loket pelayanan, Masgul mengatakan, jika pihaknya saat ini memang melakukan penambahan loket pelayanan, dari yang semula 4 loket menjadi 8 loket.

“Sekarang ada 8 loket kemarin cuma 4 loket. Loket yang bertambah untuk pelayanan konsolidasi pindah datang, akte kelahiran, perkawinan, kematian, yang lainnya kita data-data yang masuk membuat kartu keluarga baru, perubahan kartu keluarga, pembuatan KTP, pencetakan KTP,” tandasnya seraya mengatakan per tanggal 31 Desember 2017, dari 211.512 jiwa penduduk Kabupaten Berau, terdapat 146.488 jiwa wajib KTP, sementara yang sudah melakukan perekaman E-KTP sebanyak 138.169 jiwa atau 94,32 persen.(bnc)