Inventarisasi Percepat 1.000 Rumah Dialiri Air PDAM

TANJUNG REDEB – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah masih menginventarisir sejumlah pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Berau. Hal itu dilakukan untuk percepatan serah terima kepada PDAM Tirta Segah guna merealisasikan 1.000 Sambungan Rumah (SR) dengan segera.

“Sampai saat ini memang IPA yang di kecamatan belum diserah terimakan kepada kami. Saat ini kami masih melakukan pengecekan dan melengkapi informasi apakah yang membangun IPA di kecamatan-kecamatan itu Pemerintah Provinsi, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau, ataukah Kementerian Pekerjaan Umum (PU), kalau sudah tahu siapa yang membangun maka akan lebih mudah melakukan komunikaksi,” ujar Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi kepada beraunews.com.

Sejauh ini, pihaknya baru mengetahui pembangunan IPA yang berada di Kecamatan Talisayan. Sementara beberapa IPA yang dibangun oleh Pemprov maupun Kementerian PU hingga saat ini masih dalam proses pelengkapan data dan informasi.

“Saat ini baru yang dibangun oleh Pemkab Berau yang kita ketahui, yakni yang di Kecamatan Talisayan. Dan yang dibangun oleh Pemprov atau Kementerian PU belum lengkap informasinya. Semoga pada saatnya nanti kita koordinasi supaya cepat ada proses serah terima juga,” katanya.

Seperti diketahui, tahun ini PDAM Tirta Segah akan merealisasikan 1.000 Sambungan Rumah (SR) yang yang terdaftar tahun 2008 hingga 2010. Pemasangan 1.000 SR tersebut bisa terealisasi setelah serah terima dari pihak-pihak terkait, seperti DPU Berau.

“Kami mash menunggu serah terima dari DPU Berau untuk dilakukan serah terima pengerjaan proyek 1.000 SR. Karena kita tidak mau nantinya pengerjaan proyek ini malah menjadi temuan dikemudian hari. Dan ini juga untuk mencegah terjadinya tumpang tindih proyek,” pungkasnya.(mta)