Besok Sidak Hari Pertama PNS Masuk Kerja

TANJUNG REDEB – Sebelum libur lebaran dan cuti bersama, Wakil Bupati (Wabup) Berau, Agus Tantomo dalam Inspeksi Mendadak (Sidak), Jum’at (1/7/2016) lalu, menemukan banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bolos kerja sebelum waktunya. Hal ini tentu saja membuat Wabup kesal dan berencana melaporkannya langsung ke Bupati Berau, Muharram. Wabup sengaja melaksanakan sidak sebelum lebaran untuk melihat mental kerja PNS jelang lebaran.

“Biasanya sidak itu dilakukan habis lebaran, sekarang saya balik, saya lakukan di hari terakhir kerja atau sebelum lebaran, dan ternyata benar, hari terakhir kerja PNS ini banyak yang bolos. Seperti di Kantor Disdukcapil ini, pemohon KTP atau surat lainnya menumpuk, tapi pegawainya malah bolos senaknya,” ungkap Wabup kala itu dengan nada kesal.

Kini, Senin (11/7/2016) besok merupakan hari pertama masuk kerja bagi jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) usai libur lebaran dan cuti bersama. Wabup mengatakan, tak akan melakukan sidak di hari pertama PNS masuk kerja. Namun demikian, dirinya mengaku telah memberikan instruksi ke Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Jonie Marhansyah bersama instansi terkait untuk melakukan pengawasan terkait absensi PNS di lingkungan Pemkab Berau tersebut.

“Kalau ditulis dulu, bukan sidak namanya, tapi ada tim Sekda (Jonie Marhansyah-red) dan ada tim saya yang akan melakukan pengawasan. Saya tidak tahu SKPD mana saja yang akan di sidak,” ungkapnya saat dihubungi Beraunews.com via telepon seluler, Minggu (10/7/2016).

Dikonfirmasi terpisah, Sekkab Berau, Jonie Marhansyah menegaskan telah memberikan instruksi kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan pengawasan kepada seluruh staf di unit kerja masing-masing. Menurutnya, libur lebaran dan cuti bersama selama sepekan tersebut sudah lebih dari cukup untuk kembali meningkatkan semangat kerja pegawai. Jika ada PNS yang menambah libur tanpa alasan yang jelas, maka pimpinan SKPD yang bersangkutan diminta melakukan evaluasi sesuai ketentuan yang ada.

“Saya harapkan hari masuk kerja nanti sudah masuk semua. Jangan hanya karena takut di sidak, tapi ya karena memang sudah kewajiban untuk aktif kembali,” ujarnya.

Namun, Jonie meyakini PNS di Pemkab Berau memiliki tanggung jawab moral yang tinggi. Kalau pun ada yang melakukan perjalanan ke luar daerah, melaksanakan lebaran bersama keluarga, semuanya sudah terprogram sejak lama. Sehingga diyakini, pada hari pertama kerja besok, seluruhnya sudah berada di tempat.

“Saya yakin, seluruh PNS sudah menyadari,” katanya lagi.

Usai libur lebaran ini, ditegaskan Jonie, kegiatan Pemkab begitu padat. Dimana, hari kerja pertama juga dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan para PNS, tidak hanya di lingkungan Pemkab Berau, namun juga seluruh instansi baik pemerintah maupun swasta melalui kegiatan open house.(sai)