PJU Jalan Sultan Agung Banyak Mati, Ini Kata Distamben

TANJUNG REDEB – Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sudah menjadi kebutuhan vital para pengendara untuk menambah penerangan jalan, selain lampu utama pada kendaraan bermotor. Sehingga, jika lampu PJU mati membuat para pengendara sedikit was-was untuk melintas di suatu daerah baik perkampungan maupun dalam kota.

Salah satunya di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Tanjung Redeb. Beberapa lampu PJU di kawasan ini terlihat mati saat malam hari, beberapa pengguna jalan yang kerap melintas di atas pukul 22.00 Wita pun mengeluhkan kondisi lampu PJU seperti ini.

Amirullah Nur, warga Kelurahan Rinding mengatakan, dirinya kerap melintas di kawasan tersebut hingga larut malam. Saat melintas sendiri, dirinya kerap takut akan adanya ancaman tindak kriminal karena situasi seperti itu dikhawatirkannya dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

"Kalau pulang malam sendiri kadang sering takut juga. Karena ada malam-malam tertentu kawasan ini sepi dari kendaraan yang lalu lalang, khawatir aja kalau ada yang niat jahat dan nekat," ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (10/7/2016).

Dirinya berharap, jika memang ada kerusakan pada lampu PJU di kawasan tersebut bisa segera dibenahi. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan pengendara yang melintas khususnya dari arah Tanjung Redeb menuju Kilometer 5 ataupun sebaliknya.

"Mungkin pihak terkait punya alasan sendiri kenapa ini belum dibenahi, tapi kita selaku pengguna dan yang merasakan pentingnya lampu PJU ini berharap bisa segera ada perbaikan jika ada kerusakan," tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau, Mappasikra Mapaselleng menjelaskan, ada beberapa lampu PJU yang sengaja dimatikan pihaknya karena ada salah satu lampu yang mati.

"Ada yang sengaja kita matikan karena ada lampu yang mati, dan akan kita hidupkan kembali setelah dilakukan perbaikan. Dan perbaikan pun masih dalam proses oleh tim," katanya.

Selain itu, kerusakan yang terjadi juga membuat salah satu bagian pada tiang PJU tersebut terbuka dan dikhawatirkan akan terjadi sambungan arus pendek.

"Untuk keamanan saja sebenarnya, jangan sampai terjadi sambungan arus pendek seperti temuaan beberapa waktu lalu. Jelasnya, kami akan upaya melakukan perbaikan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya pengguna jalan," pungkasnya.(dws)