Expo Talisayan 2017, Bupati Resmikan 7 Kegiatan

 

TALISAYAN - Pembukaan expo yang dilakukan Bupati Berau Muharram, di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan, Minggu (05/11/2017), berlangsung meriah. Acara yang digelar di pendopo Kecamatan Talisayan, tidak hanya dihadiri oleh rombongan bupati, dan Muspika Kecamatan Talisayan. Hadir juga seluruh pemerintah kampung se-Kecamatan Talisayan, meramaikan event yang diselenggarakan setahun sekali itu.

Pemerintah kecamatan dengan sengaja merangkai pembukaan expo untuk meresmikan 7 kegiatan sekaligus, yakni pekan gerak PKK Talisayan, launching batik Talisayan, pencanangan Talisayan bebas narkoba, gerakan stop buang air besar sembarangan (BABS), launching implementasi pelayanan Administrasi terpadu kecamatan (Paten), sistem pengelolaam surat masuk dan surat keluar, serta penghijauan halaman rumah Dinas Camat Talisayan.

 

Dalam sambutannya, Camat Talisayan, David Pamudji menjelaskan, sejumlah program yang kini tengah diluncurkan tersebut, tak lain ingin mewujudkan visi misi dalam meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih, serta mewujudkan pelayanan prima. Baik ditingkat kampung hingga tingkat kecamatan. Tak hanya itu, pihaknya juga ingin meningkatkan SDM masyarakat, aparatur kampung dan kecamatan, serta ingin meningkatkan peran serta masyarakat dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan baik itu di sekitar kampungnya, maupun kecamatan.

"Salah satunya adalah kegiatan expo Talisayan 2017 ini. Tujuannya, untuk menggali potensi dan memperkenalkan kekayaan alam yang ada di Talisayan kepada masyarakat luas. Ini juga menjadi sarana sosialisasi kita terkait pelayanan kampung dan kecamatan, bahwa meskipun Berau dilanda defisit, namun kinerja pemerintah tetap berjalan baik," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Muharram, dalam pidatonya, mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Talisayan menyamakan pemikiran demi kemajuan rakyat. Pasalnya, semua yang dilakukan pihaknya, maupun pemerintah kecamatan, tak lain untuk memajukan masyarakat Kabupaten Berau.

"Karena semua inti dari yang kita kerjakan, untuk kemajuan masyarakat dan pembangunan menjadi lebih baik," tuturnya.

 

Apalagi, lanjut Muharram, saat ini seluruh kampung di Kabupaten Berau telah mendapat suntikan Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Dana Desa (DD), yang jumlahnya tak sedikit untuk membantu pengembangan dan peningkatan SDM di kampung masing-masing. Tak lupa dirinya juga menyampaikan ucapan selamat kepada kepala kampung terpilih pada pilkakam beberapa waktu lalu.

"Selamat untuk kepala kampung terpilih, dan semoga setelah menjabat nanti, dapat bertugas sesuai dengan tupoksinya," harapnya.

Sementara itu, diakhir pidatonya, orang nomor satu di Bumi Batiwakkal itu, mengapresiasi rangkaian acara yang telah disusun oleh pemerintah kecamatan yang telah menggabungkan 7 kegiatan menjadi satu paket dalam suasana pembukaam expo Talisayan.

"Ini perlu menjadi contoh tak hanya di kecamatan lain, tapi juga di kabupaten untuk efisiensi anggaran.mengingat kita masih dilanda defisit," tandasnya.

Setelah secara resmi membuka expo Talisayan 2017, Muharram didampingi Setkab Berau Jonie Marhansyah, dan Camat Talisayan, melaunching batik Talisayan dengan motif Hiu Tutul, Burung Walet, dan Daun Rutun dihadapan tamu undangan, dan masyarakat.(Hendra Irawan/bnc)