Pemkab Berau Terima Penempatan 17 Purna Praja IPDN

 

TANJUNG REDEB – Sekretaris Daerah Kabupaten Berau, Jonie Marhansyah menerima 17 Purna Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang akan mengabdi di Kabupaten Berau, Rabu (01/11/2017). Dalam kesempatan itu, Sekda memberikan pembekalan dan arahan sebelum memasuki lingkungan kerja.

Berbagai pesan disampaikan Sekda Jonie Marhansyah kepada 17 purna praja IPDN. Ia menegaskan, pegawai pemerintahan merupakan pilihan yang diambil oleh masing-masing purna praja IPDN. Sehingga, tugas dan tanggung jawab harus diemban dengan sebaik-baiknya tanpa mengenal pamrih. Pasalnya, sebagai abdi negara, pelayanan kepada masyarakat merupakan tanggung jawab utama yang harus diperhatikan.

BACA JUGA : Lulusan IPDN Dirancang Berkarir Mulai Dari Kecamatan

Sekda Jonie Marhanysah juga menyampaikan, saat ini sistem penempatan praja IPDN dilakukan secara silang. Penempatan praja IPDN tidak lagi berdasarkan daerah asal pendaftaran. Tentu dengan kondisi ini membuat praja IPDN harus menyesuaikan diri dengan lokasi penempatan. Ia berharap agar praja IPDN yang ditempatkan di Bumi Batiwakkal bisa secepatnya beradaptasi dengan lingkungan sekitar, begitu juga dengan lingkungan kerja di lokasi yang akan ditempatkan nantinya.

“Kita harus bisa bersyukur bisa ditempatkan di Berau. Kami dari pemerintah daerah juga telah memiliki perencanaan penempatan nantinya, yaitu di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membutuhkan dan sesuai dengan jurusan. Mari kita jaga kebersamaan dan kekompakan untuk menjalankan tugas dengan sebaiknya,” ujarnya.

BACA JUGA : Siap-Siap, PNS Harus Mau Ditempatkan Di Seluruh Wilayah NKRI

Ia juga berharap, agar praja IPDN ini tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan kerja nantinya. Disiplin yang dijalankan pada saat menjalankan pendidikan di IPDN harus bisa dipertahankan dan diaplikasikan di lingkungan kerja saat ini.

“Jangan kita ikuti yang tidak bagus, tapi lihatlah mana yang harus ditiru dan dicontoh pada saat bekerja nanti,” tegasnya.

Praja IPDN juga diingatkan untuk menjauhi Narkoba. Sebagai abdi negara, ASN harus memberikan contoh kepada masyarakat. Tentu hal ini akan menjadi penilaian juga bagi masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah.

“Tidak banyak yang saya sampaikan karena adik-adik pasti sudah diberikan banyak pembekalan sebelumnya. Saya ucapkan selamat datang di Pemerintah Kabupaten Berau dan selamat bekerja. Berikan yang terbaik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” pungkasnya.

BACA JUGA : Lulusan IPDN Dijadikan Role Model Penyebaran ASN

Dalam penempatan ini, sebanyak 12 praja IPDN berasal dari luar daerah. Sementara 5 lainnya merupakan putera daerah. Dalam waktu dekat pemerintah daerah juga akan mengeluarkan SK Penempatan kepada praja IPDN.(hms5/bnc)