Pemkab Berau Buktikan Keberpihakan Kepada Tenaga Kerja Lokal

 

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau terus berupaya agar warga Berau dapat diserap sebagai tenaga kerja di setiap sektor investasi yang ada di Kabupaten Berau. Buktinya, Bupati Berau Muharram telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang penyaluran dan penempatan tenaga kerja lokal di seluruh perusahaan yang ada di Berau.

MoU tersebut ditandatangani Bupati bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) selaku induk organisasi perusahaan-perusahaan, beberapa waktu yang lalu. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Apridoh Piarso kepada beraunews.com, Jumat (20/10/2014) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah menjalankan atau menindaklajuti MoU tersebut kepada masing-masing perusahaan. Targetnya, akhir bulan Oktober 2017 ini, sekitar 50 perusahaan sudah menjalankan MoU tersebut.

“Tindaklanjut MoU saat ini juga sudah kita garap. Kita harapkan akhir bulan sekitar 50 perusahaan sudah menjalankan MoU ini, dan ini akan terus berlanjut,” ungkapnya.

Apridoh menambahkan, saat ini pun pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan kepada setiap perusahaan, agar jika ingin melakukan perekrutan tenaga kerja baru, maka harus konfirmasi terlebih dahulu kepada Disnakertrans Berau.

 

“Silahkan saja dicek di lantai 3 kantor kami, saat ini juga sedang berlangsung tahapan rekrutmen tenaga kerja oleh PT Buma yang sudah bekerja sama dengan kita dalam penyaluran dan penempatan tenaga kerja lokal,” ujarnya.

Terkait definisi tenaga kerja lokal, Apridoh mengatakan, orang yang dapat disalurkan dan ditempatkan sebagai tenaga kerja lokal adalah setiap orang yang telah satu tahun berdomisili dan memiliki KTP Berau.

“Setiap orang yang memenuhi criteria inilah yang akan kita dahulukan dalam penyaluran dan penempatan tenaga kerja lokal di perusahaan-perusahaan yang ada di Berau,” tandasnya.(bnc)