Dinsos Berau dan Kaltim Gelar Bimtek Persoalan FCU

 

TANJUNG REDEB – Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Dinas Sosial (Dinsos) Berau dan Provinsi Kaltim, Sabtu (26/08/2017) di Kantor Kelurahan Gunung Panjang, membahas Potensi Lembaga Konsultasi Peduli Keluarga/Family Care Unit (PLKPK/FCU), serta kegiatan pemberdayaan sosial perorangan, keluarga dan kelembagaan masyarakat.

Kepala Dinsos Kaltim, Siti Rusmalia Idrus mengatakan, jika kegiatan ini dilakukan untuk pembinaan keluarga, dari keluarga plasma yang dibina oleh pionir.

“Adapun FCU yang dimaksud, bertujuan untuk memfasilitasi, mensinergikan kegiatan-kegiatan serta masalah-masalah yang ada di tingkat kelurahan,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com.

Selain itu dikatakannya juga, pionir yang ada di Kelurahan Gunung Panjang sebagian besar berasal dari RT.

“RT itu kan sudah mempunyai basis data, tinggal melakukan pemilahan permasalahan-permasalahan, Alhamdulillah juga Kabupaten Berau sendiri sudah ada Family Care Unit (FCU) per kelurahan, serta sudah ada pelayanan terpadu untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), juga Sistem Pengaduan Masyarakat (SIDUMAS),” tambahnya.

 

Tujuan beberapa unit itu sendiri adalah untuk perlindungan. Rusmalia juga berharap untuk Kabupaten Berau yang sudah melakukan sinergi dengan CSA di tahun 2013, agar terus berlanjut. Ia juga berkata PLKPK berpotensi untuk penanganan PMKS.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Berau, Rohaini mengatakan, jika bimtek ini bertujuan untuk memperdalam tugas-tugas dari FCU itu sendiri.

“Jadi FCU ini merupakan salah satu lembaga aliansi yang ada di masyarakat, dimana kelompok-kelompok mereka tersebut memperhatikan terhadap persoalan-persoalan keluarga dimana mereka berada,” ungkapnya.

Adapun yang melakukan bimtek pelatihan ini adalah para RT yang berada di Kelurahan Gunung Panjang.

“RT yang kita berikan bimbingan, agar mereka tahu langsung masyarakatnya yang mendapatkan permasalahan sosial,” tambah Rohaini.

Rohaini juga memberikan penjelasan arti penting peduli keluarga di tengah derasnya arus informasi seperti sekarang, sangat luar biasa.

“Ini mulai kita tanamkan sekarang, selain itu FCU ini juga merupakan gerakan kepedulian khususnya dari ruang lingkup keluarga sendiri, sangatlah penting. Harapan kita, khususnya sebagai Dinas Sosial agar penanganan PMKS di masyarakat dapat berjalan dengan baik, seperti misal melalui kelompok FCU yang kita galakkan ini,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Gunung Panjang, Kaharuddin, juga melihat pengadaan bimtek tersebut sangatlah bagus.

“Ini acara yang sangat bagus dan sangat bermanfaat, apalagi di Gunung Panjang sendiri merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kabupaten Berau, yang memiliki percontohan program-program FCU. Harapan saya ke depan, semoga yang belum terdaftar dalam FCU yang berada di setiap RT, dapat tercover semua, dan gejolak-gejolak masalah yang ada di warga dapat berkurang,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia