Ini Jumlah PMKS yang Pernah Ditangani Dinsos Berau

 

TANJUNG REDEB – Salah satu indikator kinerja Dinas Sosial (Dinsos) menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18/2016 tentang Perangkat Daerah, yakni jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dimana juga termasuk anak yang berhadapan dengan hukum, yang kemudian menerima layanan rehabilitas sosial di luar panti.

Semakin banyak jumlah PMKS yang berhasil ditangani, maka semakin baik kinerja Dinsos di suatu daerah. Demikian pula sebaliknya, semakin sedikit, maka semakin kurang baik kinerjanya.

Lalu, berapakah jumlah PMKS yang ada selama ini di Kabupaten Berau? Ditanya seperti itu, Kepala Dinsos Berau, Rohaini mengatakan, pada prinsipnya semua jenis PMKS yang berhasil ditangani Dinsos rata-rata adalah para penyandang yang berasal dari luar daerah.

“Itu memang sudah masuk ke dalam peraturan Bupati, tentang penanganan kesejahteraan sosial, jadi secara umum Dinsos tugasnya ya menangani suatu masalah sosial,” ucapnya kepada beraunews.com, Sabtu (19/08/2017).

Ia pun merincikan beberapa jenis PMKS, seperti kategori orang terlantar, fakir miskin, bahkan anak-anak jalanan.

Jika berbicara mengenai pengertian, PMKS adalah seseorang atau keluarga yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya dan karenanya tidak dapat menjalin hubungan yang serasi dan kreatif dengan lingkungannya sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani dan sosial) secara memadai dan wajar.

Cara penanganannya yang pertama dilakukan suatu pembinaan, dan jika misal tempat asal para PMKS itu diketahui secara jelas dan pasti, maka akan dipulangkan.

“Kita pernah temukan PMKS yang khusus para anak-anak jalanan, contoh anak punk yang ada juga pernah kita data, asalnya dari Jawa, Sulawesi, Samarinda,” tambahnya.

Mengenai jumlah total keseluruhan PMKS, dari sumber data Dinsos Berau ada sekitar 15.105 jiwa, itupun telah termasuk kategori anak yang berhadapan dengan hukum, yang kemudian menerima layanan rehabilitas sosial di luar panti.

Berdasarkan hal tersebut, maka jika dilihat dari indikator kinerja menurut PP Nomor 18/2016, dengan jumlah PMKS, Dinsos Berau memperoleh skor 300 atau dikatagori sedang khusus indikator tersebut, lantaran berada pada jumlah PMKS antara 12.001 jiwa hingga 18.000 jiwa.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia