Ini Jumlah Satuan Pendidikan PAUD dan Dikdas di Berau

 

TANJUNG REDEB – Salah satu indikator kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18/2016 tentang Perangkat Daerah, yakni jumlah satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (Dikdas) yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Semakin banyak satuan pendidikan kedua kelompok ini diselenggarakan masyarakat, maka semakin baik kinerja Disdik di suatu daerah. Demikian pula sebaliknya, semakin sedikit, maka semakin kurang baik kinerjanya.
 
Lalu, berapakah jumlah satuan PAUD dan Dikdas di Kabupaten Berau yang diselenggarakan oleh masyarakat? Ditanya seperti itu, Kepala Dinas Pendidikan Berau, Armyn Zulkifli mengatakan, pada prinsipnya, semua jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat, dapat dilaksanakan oleh masyarakat.
 
"Masyarakat memang boleh melaksanakan satuan pendidikan, tetapi harus dikelola melalui sebuah yayasan yang legal,” ujarnya saat ditemui beraunews.com, Jumat (18/08/2017).
 
Terkait jumlah satuan pendidikan, Armyn mengatakan total satuan PAUD dan Dikdas yang diselenggarakan oleh masyarakat di Kabupaten Berau yang dikelola secara baik, benar dan legal sebanyak 234 unit. Jumlah ini sama dengan yang terdaftar di referensi.data.kemdikbud.go.id.
 
“Itu data yang saat ini ada di kami hingga 31 Juli 2017, data terbaru belum kami terima, tetapi semua data yang ada itu sudah valid," ujarnya.
 
Armyn menjelaskan, yang dimaksud satuan pendidikan PAUD itu ada 4 kelompok, yakni TK, KB, TPA dan SPS. Sedangkan yang dimaksud satuan pendidikan Dikas itu hanya SD dan SMP. Adapun satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, maksudnya diselenggarakan dalam bentuk yayasan yang legal.
 
Untuk rincian jumlah satuan pendidikannya, lanjut Armyn, PAUD berjumlah 208 unit, dimana TK sebanyak 85 unit, KB sebanyak 98 unit, TPA sebanyak 4 unit dan SPS sebanyak 21 unit. Sementara Dikdas berjumlah 26 unit, dimana SD dan SMP sama-sama sebanyak 13 unit (lihat grafis).     
 
“Itu semua sudah termasuk sekolah yang ada di 13 Kecamatan,” tutupnya.
 
Berdasarkan hal tersebut, maka jika dilihat dari indikator kinerja menurut PP Nomor 18/2016, dengan jumlah satuan pendidikan sebanyak 234 unit, Diknas Berau memperoleh skor 120 atau dikatagori sedang khusus untuk indikator tersebut.(*bnc)
 
Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia