Libur Lebaran Tak Berlaku Bagi Petugas Kebersihan

TANJUNG REDEB – Hari Raya Idul Fitri 1437 H tinggal menghitung hari, warga berbondong-bondong mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan tersebut. Pegawai Negeri Sipil dan sejumlah perusahaan swasta telah libur beraktivitas. Namun hal tersebut nampaknya tak berlaku bagi petugas kebersihan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Berau.

Ditemui ruang kerjanya, Sabtu (2/7/16), Kepala DKP Berau, Ahmad Ismail mengatakan, selama hari raya petugas kebersihan tetap bekerja seperti biasanya

“Tidak ada yang libur atau meliburkan diri, kita akan tetap bekerja seperti biasa, petugas kebersihan penyapu jalan atau tukang angkut sampah akan tetap seperti biasa," ujarnya.

Diterangkannya, untuk edisi hari raya Idul Fitri, petugas kebersihan hanya difokuskan membersihkan sampah rumah tangga dan petugas penyapu jalan. Untuk pertamanan sementara dialihkan untuk membantu petugas kebersihan dan penyapu jalan. Sebab, diprediksi produksi sampah warga selama lebaran akan meningkat signifikan dibandingkan hari biasanya. 

“Seluruh petugas hanya kita fungsikan untuk menyapu jalan dan mengangkut sampah rumah tangga yang dipastikan meningkat. Sementara untuk petugas parit, kita alihkan ke pengangkut sampah semua. Kita juga akan siagakan petugas kebersihan di sejumlah masjid saat Salat Id," jelasnya.

Tak hanya itu, aktivitas wisatawan di objek-objek wisata juga menjadi perhatian. Sampah di objek wisata juga dipastikan mengalami peningkatan akibat membludaknya pengunjung selama libur lebaran.

"Beberapa tempat wisata andalan yang biasanya padat pengunjung jadi perhatian juga seperti Derawan, Maratua, Labuan Cermin dan kolam air panas di Biatan, karena libur lebaran ini dirangkaikan libur panjang pasti kujungan akan meningkat. Kita upayakan penanganan sampah disana juga maksimal," tutupnya.(msz)