Berau Sudah Terapkan Aturan 6 Agama di Kolom E-KTP

 

TANJUNG REDEB – Dengan adanya ketentuan UU dimana kolom agama dalam KTP Elektronik (E-KTP) hanya untuk 6 agama yang diakui negara, juga dilaksanakan di Berau.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Berau, Masgul, ketika ditemui beraunews.com, Jumat (28/07/2017) mengatakan, ketentuan tersebut memang sudah berlaku.

“Disdukcapil Kabupaten Berau sendiri telah sepakat mengenai adanya peraturan dan ketentuan mengenai kolom agama tersebut, dan kita juga tidak bisa mengubah ketentuan yang ada itu,” ucapnya.

BACA JUGA : Kolom Agama di KTP Hanya Untuk 6 Agama Diakui UU

Hal ini sesuai dengan yang dilansir dari halaman resmi kemendagri.go.id, dimana Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo juga telah menegaskan, jika kolom agama yang wajib ditulis bagi pemeluk salah satu agama yang juga diakui oleh pemerintah melalui undang-undang.

Masgul juga mengatakan, jika hal tersebut telah direalisasikan dan sampai saat ini, seiring berjalannya waktu, serta adanya pernyataan wajib KTP, batasan mengenai unsur penganut suatu aliran itu pun telah berlaku, khususnya di Kabupaten Berau sendiri.

“Di Berau sendiri, sejauh ini belum pernah ada yang namanya suatu pihak ingin mencantumkan agama lain, dari yang 6 agama yang telah diakui pemerintah melalui UU tersebut. Jika ada, Disdukcapil Berau pun tidak bisa mencantumkannya,” tambahnya.

Walaupun suatu daerah seperti Berau ini masih kental akan adat istiadat serta kebudayaannya, yang namanya suatu penganut aliran tertentu pasti ada, walaupun hanya minoritas.

“Di Berau mungkin ada yang namanya penganut suatu aliran, tetapi hanya sebagai penganut saja, tidak ada yang namanya mereka ingin mencantumkan alirannya tersebut menjadi suatu identitas agamanya, terlebih di KTP,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia