Gubernur Kirim Surat Tentang Penggunaan Dana Desa Ke Seluruh Bupati di Kaltim, Ini Isinya

TANJUNG REDEB – Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak mengeluarkan surat perihal penggunaan dana desa pada 31 Mei 2017 lalu. Surat tersebut ditujukan kepada seluruh Bupati se-Kalimantan Timur.

Surat tersebut berisikan, jika berdasarkan hasil monitor dan evaluasi Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim Tahun 2015 dan 2016, terdapat beberapa hal terkait evaluasi penggunaan dana desa.

Ada 6 poin penting yang disampaikan gubernur melalui surat tersebut yakni, penggunaan dana tidak sesuai dengan prioritas, pengeluaran dana tidak didukung bukti memadai, pemungutan dan penyetoran pajak tidak sesuai, dana desa disimpan di luar kas atau rekening desa, belanja di luar APBD, dan pelaksanaan kegiatan menggunakan pihak ketiga yang tidak memprioritaskan swakelola.

Berdasarkan surat tersebut, diharapkan adanya pembinaan, pengawasan, karena monitor dan evaluasi penggunaan dana desa yang mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 4/2017 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 22/2016 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2017.

Terkait apakah surat tersebut sudah diterima Bupati Berau Muharram atau belum, akan diterbitkan di edisi selanjutnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia