Wabup Geram Banyak PNS Bolos, Dilaporkan Ke Bupati

TANJUNG REDEB – Inspeksi Mendadak (Sidak) Wakil Bupati (Wabup) Berau, Agus Tantomo menemukan ada banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bolos. Sejumlah dinas yang dikunjungi Wabup, Jum’at (1/7/16), ada saja PNS yang sudah meliburkan diri sebelum waktunya. Hal ini tentu saja membuat Wabup kesal. Wabup sengaja melaksanakan sidak sebelum lebaran untuk melihat mental kerja PNS jelang lebaran.

“Biasanya sidak itu dilakukan habis lebaran, sekarang saya balik, saya lakukan di hari terakhir kerja atau sebelum lebaran, dan ternyata benar, hari terakhir kerja PNS ini banyak yang bolos. Seperti di Kantor Disdukcapil ini, pemohon KTP atau surat lainnya menumpuk, tapi pegawainya malah bolos senaknya,” ungkapnya dengan nada kesal.

Bukan hanya Disdukcapil, ,Wabup juga melakukan sidak pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  dr. Abdul Rivai. Wabup yang tiba di rumah sakit segera menuju ruang tata usaha untuk melakukan pemeriksaan terhadap absensi para pegawai, dan ternyata banyak ditemukan pegawai rumah sakit yang tidak absensi. Meski ada yang kosong, namun dipastikan pegawai terkait tetap turun kerja.

“Di rumah sakit ini Alhamdulillah semua masih hadir tidak ada yang bolos kerja, tapi sayangnya mereka masih malas mengisi absensi harian, ini perilaku buruk, PNS harusnya disiplin, hal sekecil itu saja diabaikan apalagi pelayanan terhadap masyarakat, ” bebernya.

Hal sama juga dilakukan di Kantor Kelurahan Gunung Panjang dan Kecamatan Tanjung Redeb. Disini Wabup, kembali menemukan PNS yang sudah meliburkan diri duluan. Tentunya hal ini membuat Wabup semakin kesal.

“Ini jadi kebiasan buruk buat PNS , belum waktunya libur tapi sudah pada libur duluan.  Mereka terlalu di manja, jadi setiap mau lebaran cuti,” kesal Wabup lagi.

Selain itu dirinya menyayangkan surat edaran dari larangan cuti lebaran yang di terbitkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) terlambat turun. Hal ini pula yang membuat banyak pegawai tidak tahu kemudian cuti semaunya.

“Terkait yang bolos kerja, nama-namanya akan saya serahkan ke Bupati biar nanti ditindak sesuai ketentuan,” pungkasnya.(msz)